Kapolda Riau Janji Benahi Moral Polisi

id kapolda riau, janji benahi, moral polisi

Pekanbaru, 14/6 (Antara) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Brigjen Pol Condro Kirono berjanji akan melakukan pembenahan internal, khususnya dalam masalah moral anggota-anggotanya di Provinsi Riau.

"Saya akan melakukan introspeksi dan pembenahan-pembenahan internal kepolisian," kata Condro Kirono di Mako Brimob Polda Riau, Pekanbaru, Jumat.

Condro Kirono yang pernah menjabat Direktur Lalu Lintas Polda Jatim dan Polda Metro Jaya itu baru saja dilantik sebagai Kapolda Riau untuk menggantikan perwira sebelumnya, yakni Brigjen Pol Suedi Husin.

Lebih lanjut Condro Kirono mengatakan bahwa pembenahan internal kepolisian secara khusus adalah menyangkut peningkatan profesionalisme aparat kepolisian.

"Kalau polisi tidak profesional dalam melakukan tugasnya tentu akan salah-salah, seperti salah tembak," ujar dia mencontohkan.

Dalam pembenahan moral satuannya, Condro mengatakan bahwa pembinaan bisa dilakukan dari hasil psikotes petugas kepolisian sejak di pendidikan dan pengawasan dari kepala kesatuan tempat bertugas.

Kapolda Riau mengatakan bahwa dirinya akan terus menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayahnya, khususnya dari ancaman kejahatan seperti premanisme dan kejahatan dengan kekerasan.

Selain itu, jenderal polisi berbintang satu tersebut juga mengatakan akan memerangi perjudian, korupsi dan narkoba yang kasusnya cukup tinggi di wilayah Polda Riau.

Menurut dia, evaluasi terhadap pembenahan internal itu dikatakannya akan rutin dilakukan setiap minggu.

"Makanya kami akan melakukan introspeksi total," kata dia menegaskan.

Sebelumnya, tim dari Mabes Polri menggerebek dua lokasi perjudian di Pekanbaru pada pekan lalu dan kini sudah menetapkan 35 orang sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Buntut dari penggerebekan kasus itu juga merembet ke pihak kepolisian, dimana beberapa perwira yang bertugas di Polresta Pekanbaru dan Polda Riau diperiksa oleh tim Mabes Polri terkait kasus tersebut.