Butuh Tujuh Tahun Lagi Bagi Masyarakat Dumai Untuk Berhaji

id butuh tujuh, tahun lagi, bagi masyarakat, dumai untuk berhaji

Dumai, (Antarariau.com) - Jumlah daftar tunggu peserta calon haji Kota Dumai, Provinsi Riau, saat ini sudah mencapai dua ribuan orang, sehingga pelaksanaan keberangkatan diperkirakan hingga tahun 2020, kata Zakaria, Kasi Urais dan Penyelenggaraan Haji Kemenag Dumai.

"Jumlah ini berdasarkan catatan sistem komputerisasi penyelenggaraan haji Dumai di Kantor Kementrian Agama setempat," kata Zakaria di Dumai, Selasa.

Ia mengatakan bahwa antrean calon haji ini diyakini akan semakin bertambah setiap tahun karena antusias masyarakat muslim di Kota Dumai untuk menunaikan rukun Islam ke lima tersebut cukup tinggi.

Selain itu, faktor ekonomi masyarakat semakin membaik sehingga mendaftar untuk berangkat ke Rumah Allah melalui jalur pemerintah, katanya.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah sejauh ini tetap membuka pendaftaran dan tidak membatasi niat umat Islam yang ingin menjadi peserta haji meski jumlah antrian keberangkatan mencapai ribuan orang.

Zakaria menyatakan vbahwa jumlah calon haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada Musim Haji 2013 diambil berdasarkan nomor kursi pendaftaran yang ditetapkan oleh Kementrian Agama RI sebanyak 326 orang.

"Untuk sementara kami masih menerima jumlah calon haji tahap pertama yang akan berangkat tahun ini sebanyak 304 orang, dan sisanya akan diumumkan pada 26 Juni," ungkapnya.

Dia berharap calon haji sebanyak 304 orang tersebut dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dan melengkapi persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

Di antaranya juga untuk melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) dan mengikuti pembekalan manasik yang diselenggarakan pemerintah maupun biro perjalanaan resmi.

Saat ini tahapan penyelenggaraan musim haji tahun 2013 sudah memasuki pelaksanaan pelunasan BPIH dan manasik di tingkat kecamatan.