Gubernur Riau resmikan gedung BLK komunitas Ponpes Nurul Ilmi Siak

id Pemrov Riau,Gubernur Riau resmikan gedung BLK,gedung BLK komunitas Ponpes Nurul Ilmi Siak,BLK komunitas Ponpes Nurul Ilm

Gubernur Riau resmikan gedung BLK komunitas Ponpes Nurul Ilmi Siak

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas workshop kejuruan pengolahan hasil pertanian Pondok Pesantren Nurul Ilmi Kabupaten Siak, Jumat (11/2/2022): Foto: Antara/HO-Diskominfotik Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas workshop kejuruan pengolahan hasil pertanian Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ilmi Kabupaten Siak, berlangsung di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Jumat (11/2).

Peresmian gedung BLK ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Syamsuar bersama Pembina Yayasan Al Imam Muhyiddin An-Nawawi Ponpes Nurul Ilmi, Asril Doyok, dan dilanjutkan dengan peninjauan ruangan gedung BLK tersebut.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan, atas nama Pemprov Riau mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Ponpes Nurul Ilmi yang telah memberikan kontribusi positif dengan adanya gedung BLK ini.

"Keberadaan BLK komunitas tersebut diharapkan dapat mencetak santri terampil dan mandiri sekaligus mempersiapkan warga sekitar untuk mendapatkan pengetahuan," katanya.

Setelah mendapatkan pengetahuan di BLK ini, katanya, masyarakat dan santri diyakini bisa siap bekerja sesuai dengan lapangan pekerjaan tersedia di Riau atau siap membuka lapangan pekerjaan sendiri karena sudah dibekali dengan keterampilan.

Karenanya, katanya, keberadaan BLK perlu didukung oleh masyarakat dan perusahaan di Tualang Siak, dan perusahaan bisa menyerap tenaga kerja asal Ponpes dan warga sekitar.

Ia menjelaskan, saat ini juga telah dibentuk forum komunikasi kepala BLK se-Riau yang diprakarsai oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau. Tujuan terbentuknya forum tersebut agar lebih cepat menerima berbagai informasi untuk kemajuan BLK komunitas se-Riau.

"Pada tahun 2021 telah dilakukan beberapa kali pelatihan berbasis kompetensi. Adapun jenis pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan Pemprov Riau tersebut yaitu jurusan menjahit, tata boga, mekanik sepeda motor, instalasi listrik, teknisi telepon seluler, teknisi pendingin, jaringan komputer, las listrik, particle office, pembuatan roti dan kue," katanya. ***1***