Satu Nama Calon Gubernur Riau di Kantong DPP Demokrat

id satu nama, calon gubernur, riau di, kantong dpp demokrat

Satu Nama Calon Gubernur Riau di Kantong DPP Demokrat

Pekanbaru, (antarariau.com) - Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Syarief Hasan mengaku jajaran petinggi partai tersebut telah mengantongi satu nama bakal calon Gubernur Riau periode 2013-2018.

"Sudah ada namun tunggu waktu yang pas," kata Syarief Hasan usai meresmikan Kampar sebagai kabupaten koperasi Indonesia di Air Tiris, Kampar, Riau, Selasa siang.

Syarief mengaku enggan untuk menyampaikan kandidat calon Gubernur Riau itu mengingat harus ada evaluasi yang dilakukan internal partai.

"Jangan sampai justru Demokrat memilih kandidat yang tidak didukung oleh pendukungnya atau rakyat," katanya.

Pada perebutan "perahu" Partai Demokrat untuk maju menjadi Gubernur Riau periode 2013, terdapat dua nama kader Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat.

Seorang diantaranya merupakan Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Achmad, dan seorang lainnya merupakan Wakil Gubernur Riau H.R Mambang Mit atau yang akrab disapa "Ayah MM".

Ditanya apakah satu nama yang telah dikantongi DPP Demokrat merupakan dari dua kandidat tersebut atau bahkan ada muncul nama lain, Syarief hanya tersenyum.

Namun dalam sambutannya di acara peresmian koperasi tersebut, Syarief Hasan sempat menyatakan dukungannya untuk Wakil Gubernur Riau H.R Mambang Mit.

"Mudah-mudahan, wakil gubernur atas dukungan berbagai pihak juga kedepan dapat menjadi gubernur," kata Syarief dalam pidato panjangnya berdurasi lebih dari 40 menit.

Terkait pernyataan tersebut, Syarief mengakui Mambang merupakan satu dari sekian banyak kader Partai Demokrat yang teladan dan bersih dari terpaan kasus korupsi maupun penyalahgunaan wewenang.

"Namun yang jelas, soal itu (siapa yang akan ditunjuk DPP untuk maju sebagai calon Gubernur Riau) pastinya nanti dulu," katanya.

Dalam pertarungan politik pada Pemilihan Gubernur Riau periode 2013-2018 mendatang, saat ini mencuat sejumlah kandidat bakal calon dari berbagai partai maupun jalur independen.

Semisal Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah mendeklarasikan Jon Erizal untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Riau.

Bahkan kandidat yang merupakan Bendahara Umum PAN ini telah gencar menjaring dukungan ke sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Riau.

Nama lainnya yang telah mendeklarasikan maju menuju "kursi Riau satu" yakni mantan Wakil Gubernur Riau, Wan Abubakar yang berdampingan dengan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Isjoni.

Kemudian juga muncul nama mantan Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah, serta Bupati Rokan Hilir, Annas Ma'amun dan Syamsurizal, mantan Bupati Bengkalis yang bakal berebut "perahu" Partai Golkar. ***1*** (T.KR-FZR)