Giliran MUI Riau rekomendasikan kandidat PJ Gubernur, ada sekda hingga rektor

id Dprd Riau, MUI Riau, Pj Gubernur, Sekda Rektor, Calon

Giliran MUI Riau rekomendasikan kandidat PJ Gubernur, ada sekda hingga rektor

MUI Riau usulkan calon Pj Gubernur ke DPRD Riau.(ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau turut memberikan rekomendasi calon kandidat Penjabat (Pj) Gubernur ke DPRD Riau.

Dalam pertemuan di Gedung DPRD Riau, Jumat. Ada tiga nama calon Pj gubernur yang diusulkan MUI Riau diantaranya Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto, kemudian Rektor Universitas Riau Prof Dr Sri Indarti, SE MSi serta Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Prof Dr Khairunnas Rajab MAg.

Ketua Umum MUI Riau, Ilyas Husti mengatakan, ketiga calon yang direkomendasikan memenuhi syarat yang ditetapkan secara administrasi. Kriteria yang tak kalah penting calon Pj Gubernur harus benar-benar paham tentang demografi Riau secara budaya, sosial termasuk birokrasi.

"Tiga nama ini, dilihat dari syarat, administrasi, domisili serta pemahaman soal Riau, sudah memenuhi kriteria. Hal ini menjadi penting untuk keberlangsungan dan kelanjutan pembangunan Riau," kata dia.

Dia meminta agar calon Pj Gubernur bukan hanya orang yang berasal dari Riau. Tapi harus yang berdomisili dengan berbagai pengalaman di Riau. Dikhawatirkan jika orang Riau yang pengalamannya di luar Riau maka akan beradaptasi terlebih dahulu dengan kebijakan yang tentu akan memakan waktu.

"Harus yang memang matang dalam berbagai pengalaman, jadi ketika duduk menjadi Pj Gubri nanti, sudah langsung bisa memutuskan apa yang harus dilakukan. Makanya kami perlu menekankan bukan cuma orang Riau yang paham dengan daerahnya sendiri. Tapi berdomisili disini," paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho menyambut baik usulan nama-nama calon Pj Gubri yang disampaikan MUI Riau.

"Usulan ini akan menjadi pertimbangan bagi dewan, sebelum nantinya memutuskan nama-nama yang akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri," paparnya.

Sebelumnya, FKPMR juga mengusulkan tiga nama calon Pj Gubri yang akan diajukan, mereka adalah Dr DrsSuhajar Diantoro MSi (Sekretaris Jenderal Kemendagri), Erwin Dimas SE DEA MSi dan Prof Dr Sri Indarti SE MSi (Rektor Universitas Riau).