PWI Riau buka pendaftaran vaksinasi booster bagi anggotanya

id Vaksin, booster, bagi, anggota, PWI, Riau.

PWI Riau buka pendaftaran vaksinasi booster bagi anggotanya

Arsip. vaksinasi (ANTARA/Dok-Binda)

Pekanbaru (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau mulai membuka pendaftaran vaksinasi booster atau vaksin ketiga bagi anggotanya guna memberikan kekebalan kelompok bagi mereka yang rentan.

"Benar vaksinasi booster bagi anggota PWI dimulai besok di SD Teladan Jalan Hang Tuah Pekanbaru. Diutamakan pengurus dulu," kata Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, booster ini terbuka bagi anggota PWI Riau, tetapi diutamakan pengurus yang sudah lewat 6 bulan vaksinasi keduanya.

"Sementara jumlahnya terbatas untuk anggota PWI Riau yang ingin vaksinasi booster. Kawan pengurus sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Riau," katanya.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Riau, Masrul Kasmy melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, dr Siska mengatakan di Riau ada tiga jenis merk vaksin yang digunakan untuk booster yakni Pfizer, Moderna dan Astrazeneca.

"Bagi lansia dan kelompok rentan lainnya yang sudah mendapatkan vaksin pertama dan kedua dengan merk Sinovac, maka vaksinasi booster nya boleh menggunakan Pfizer dan Astrazeneca," kata dr Siska.

Namun, lanjut dr Siska, jika pada vaksin pertama dan kedua mendapatkan jenis Astrazeneca, maka untuk vaksin booster nya akan diberikan jenis Moderna.

"Kalau masyarakat tersebut mendapatkan vaksinasi Pfizer, untuk booster nya belum bisa diberikan Moderna. Karena batas akhir setelah enam bulan," ujarnya.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan pada bulan Februari mendatang vaksinasi booster menggunakan Moderna sudah bisa dilaksanakan Riau. Pasalnya, pelaksanaan vaksinasi Moderna di Riau dimulai Agustus 2021 lalu.

"Jadi kalau bulan Februari besok sudah enam bulan, kemungkinan sudah bisa dilakukan vaksinasi booster merk Moderna," tukasnya.