Dibangun dengan anggaran Rp2,9 Miliar, gedung Baznas Siak disebut terbaik di Indonesia

id Gedung Baznas Siak, gedung terbaik

Dibangun dengan anggaran Rp2,9 Miliar, gedung Baznas Siak disebut terbaik di Indonesia

Prosesi peresmian gedung Baznas Siak.(ANTATA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia Kiyai Haji Noor Achmad meresmikan Graha Zakat dan Kantor Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kabupaten Siak yang beralamat Jalan Sultan Syarif Ali Siak, Kota Siak Sri Indrapura yang juga menjadi gedung baru milik BAZNAS setempat, Rabu.

Ia pun memuji kemegahan gedung tersebut. Menurutnya selama keliling Indonesia, baru kali ini melihat Gedung Zakat kabupaten, inilah yang terbaik.

"Alhamdulillah, hari ini kita bersama meresmikan pemakaian Graha Zakat yang setahu saya, setelah saya keliling pelosok Indonesia. Gedung Zakat kabupaten ini lah yang terbaik di Indonesia. Ini serius terbaik, kalau ada yang menunjukkan ada yang lebih baik akan kami kunjungi," katanya.

Dia mengatakan gerakan gemar berzakat yang sudah dilakukan Riau ini salah satu model yang harus di contoh daerah lain. Termasuk dalam membangun gedung ini tidak menggunakan dana zakat, melainkan jatah amil yang di pakai untuk pembangunan kantor.

"Jika kita gunakan dana zakat untuk pembangunan kantor, itu jelas menjadi temuan, meskipun bisa dibenarkan. Lebih aman lagi seperti yang dilajukan Siak ini menggunakan wakafnya amil," ujar dia.

Ia juga mengapresiasi BaznasKabupaten Siak yang terus berinovasi dan tren pengumpulan zakat setiap tahun meningkat. Banyak pelajaran yang di dapat dan contoh yang baik ini yang harus di ikuti daerah lain.

"Tadi pak gubernur melaporkan juga ada peningkatan drastis, nasional juga sama. Kita kemarin melaporkan di RKAT kenaikan zakat tahun 2020 33 persen, semula di pusat itu mendapatkan Rp385 miliar, sekarang Rp516 miliar. Tahun ini kita targetkan Rp760 miliar, Pak Kihajar mentargetkan 1 triliun dan itu Insya Allah bisa. Karena ada tren, seluruh Indonesia kita tetapkan RKAT-nya, kemarin dalam rapat di angka Rp26 triliun dan itu Insya Allah bisa," ulasnya

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan tren zakat di Riau meningkat, karena di gerakan dari BAZNAS Siak. Awal memulainya gerakan berzakat di Siak sangat berat, banyak suka duka yang dilalui, saat dirinya di Siak dulu.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan dengan diresmikannya pemakaian kantor baru ini. Ke depan BAZNAS Siak lebih mengoptimalkan pengumpulan zakat termasuk pendistribusian zakat lebih tepat sasaran.

Pembangunan Kantor BAZNAS kabupaten Siak ini, awal perencanaan dianggarkan Rp1,6 Miliar namun dalam perjalanannya diperlukan tambahan dana Rp1,3 Miliar. Jadi total keseluruhan pembangunan gedung hingga selesai pengerjaannya menghabiskan anggaran Rp2,9 miliar yang dibangun di atas tanah seluas 40 x110 meter.