Film dan serial TV Korsel resmi mulai tayang kembali di China

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, film

Film dan serial TV Korsel resmi mulai tayang kembali di China

Serial romansa fantasi "Saimdang: Memoir of Colors" (ANTARA/SBS)

Jakarta (ANTARA) - Film dan serial televisi asal Korea Selatan telah resmi dirilis di bioskop dan platform streaming China untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir, dikutip dari Yonhap pada Selasa.

Film komedi "Oh! My Gran" (2020) yang dibintangi aktris veteran Na Moon-hee, tayang di bioskop China pada Desember lalu, menjadi film buatan Korea Selatan pertama yang dirilis di negara tersebut sejak film "Assassination" pada 2015.

Baca juga: Debut film "Encanto" di box office China berhasil raup pendapatan Rp46 miliar

Pekan lalu, platform video online China Mango TV menayangkan serial romansa fantasi Korea "Saimdang: Memoir of Colors" (2017). Saluran TV lokal juga menayangkan versi dubbing dari drama tersebut.

"Saimdang" selesai syuting pada 2016 dan ditayangkan di Korea Selatan pada 2017. Tapi, perilisannya di China ditunda selama bertahun-tahun karena Beijing memberlakukan larangan terhadap konten Korea Selatan sebagai protes atas keputusan Seoul untuk mengerahkan sistem pertahanan rudal Amerika Serikat yang dikenal sebagai THAAD pada tahun 2016.

Sejak saat itu, serial TV, acara, dan film Korea absen dari platform streaming video, jaringan TV, dan bioskop di China. Artis dan selebriti Korea Selatan juga dilarang mengadakan konser atau pertunjukan di China.

Pemerintah Korea Selatan menyambut baik langkah China untuk kembali mengizinkan konten negara mereka dan menyebutnya sebagai langkah positif.

"Kami telah menyampaikan pendapat kami mengenai konten budaya kepada pihak China pada berbagai kesempatan dan berharap konsultasi dapat membawa tindakan yang lebih positif," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan bulan lalu.

Baca juga: Film "Don't Look Up" telah tembus lebih dari 150 juta jam penayangan

Seoul telah melakukan upaya konstan untuk mempromosikan pertukaran di sektor budaya dengan Beijing untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat serta menandai peringatan 30 tahun hubungan diplomatik bilateral pada 2022.

Banyak yang berharap bahwa perilisan "Oh! My Gran" dan "Saimdang" dapat membuat China kembali membuka budaya Korea menjelang Beijing Winter Olympics 2022.

"Saya berharap lebih banyak film dan drama TV yang akan disiarkan di kedua negara. Saya juga berharap kedua negara juga dapat saling menampilkan kelompok budaya dan seni," kata duta besar China di Seoul, Xing Haiming.

Baca juga: Produser ungkap sempat merasa ragu saat akan rilis film "Makmum 2"