155 pejabat fungsional di Kepulauan Meranti dilantik, ini pesan Bupati

id Pelantikan pejabat fungsional,Pemda Meranti,meanti

155 pejabat fungsional di Kepulauan Meranti dilantik, ini pesan Bupati

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil menandatangani berita acara pelantikan Pejabat Fungsional di Gedung Hijau Kantor Bupati, Selatpanjang, Jumat (31/12). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil melantik 155 Pejabat Fungsional di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Jumat siang.

Dia berpesan kepada pejabat yang dilantik untuk segera bekerja sebagai pelayan masyarakat dan mampu mengemban tugas yang telah diamanahkan.

"Mari bersemangat, bekerja keras dan menjunjung tinggi komitmen PNS. Serta berusaha meningkatkan kedisiplinan, profesionalitas, loyalitas dan integritas sebagai abdi negara," kata Bupati Adil usai melantik di Gedung Hijau Kantor Bupati, Selatpanjang.

Bupati Adil menjelaskan pelantikan pejabat administrasi ke dalam jabatan fungsional ini, yang merupakan agenda program nasional yang tertuang dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN. Hal tersebut wajib dilaksanakan oleh seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

"Berdasarkan pertimbangan Mendagri (Menteri Dalam Negeri), untuk pejabat fungsional yang baru dilantik, dimana kualifikasi pendidikannya tidak sesuai dengan ketentuan peraturan, agar mengikuti uji kompetensi dan menyesuaikan kualifikasi pendidikan dengan jabatan fungsionalnya," jelasnya.

Baca juga: Kejar target, Polres Meranti gelar vaksinasi berhadiah

Lebih jauh, Ia mengatakan pelaksanaan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan ke dalam jabatan fungsional ini, merupakan tindak lanjut dari Permenpan RB Nomor 17 tahun 2021.

Tujuannya tak lain adalah untuk menciptakan birokrasi yang lincah dan tanggap terhadap tantangan globalisasi dan dapat bersaing.

"Sehingga berdampak pada terwujudnyaKepulauan Meranti maju, cerdas dan bermartabat," harap dia.

Hadir dalam pelantikan itu, Pj Sekda Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto dan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

Baca juga: Dua nyawa melayang dalam kecelakaan di Siak, ASN Meranti dan balita