BPBD kerahkan satu helikopter padamkan karhutla di Bengkalis

id BPBD Riau,karhutla,water Boming,kabupaten,bengkalis

BPBD kerahkan satu helikopter padamkan karhutla di Bengkalis

Terlihat helikopter jenis Puma milik PT.Arara Abadi-APP Sinar melakukan water Boming dalam upaya membantu pemadaman Karhutla yang terjadi di Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Benngkalis (ANTARA) - Memasuki hari ketujuh, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengerahkan satu helikopterWater Bombing milik PT. Arara Abadi -APP Sinarmas dalam upaya memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Kembung Baru Kecamatan Bengkais Riau.

"Karena status tanggap darurat sudah dicabut dan helikopter milik BPBD ditarik ke pusat, sebagai langkah memadamkan Karhutla yang terjadi di Bengkalis kita memakai Heli Water Boming milik PT.Arara Abadi- APP Sinar Mas," ujar Kepala BPBD Riau M.Edy Afrizal ketika dihubungi Antara, Rabu (15/7).

Dikatakannya, mengingat lokasi yang sulit dijangkau dan sumber air yang jauh, tim di lapangan dari Manggala Agni, Polri, TNI, Damkar, Satpol PP dan masyarakat mengalami kesulitan untuk pemadaman dilokasi gambut dan kering serta mudah terbakar.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan semak belukar dan juga ada tanaman sawit, diperkirakan 10 hektare terbakar dan sebahagian sudah padam dan tinggal pendinginan," ungkapnya.

Selain itu, besok akan menurunkan kembali alat berat untuk percepatan proses pemadaman dalam fungsi pembuatan sekat bakar agar api tidak meluas dan melebar.

"Pembuatan embung agar sumber air mudah didapatkan oleh tim pemadaman di dalam lokasi atau di tengah lahan karhutla untuk memadamkan kepala kepala api," ungkapnya lagi.

Edy juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dalam membuka areal perkebunan, selain dampaknya yang sangat dirasakan juga merugikan semua pihak yang ada.

Sementara itu Humas PT. Arara Abadi-APP Sinar Mas Nurul Huda mengatakan bahwa Water Bombing dilakukan sesuai dengan arahan dan permintaan dari Gubri kepada perusahaan untuk membantu patroli dan penanganan pemadaman jika terjadi karhutla baik bantuan dari tim darat maupun melalui pemadaman udara melalui Water Bombing, mengingat di beberapa daerah sudah ada terjadi karhutla.

"Ini bentuk kesatuan dan kebersamaan PT Arara Abadi-APP Sinar Mas yang tergabung dalam Satgas baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten," kata Nurul.