PresidenJoko Widodo pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan di TMP Kalibata

id Berita hari ini, berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

PresidenJoko Widodo pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Tangkapan Layar - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara ziarah nasional untuk memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (10/11). (ANTARA/Indra Arief)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara ziarah nasional untuk memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu.

Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian formal dengan jas berwarna gelap tiba di TMP Kalibata, dengan didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sebagaimana tayangan langsung dari kanal resmi Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Baca juga: "Hari Pahlawan" tidak hanya sekadar diingat, tapi harus dikenang sepanjang masa

Jokowi selaku Inspektur Upacara memimpin upacara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Tampak dari tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir di lokasi yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang akan menjadi pembaca doa.

Upacara dimulai setelah, Presiden Jokowi menerima laporan dari Komandan Upacara. Para peserta upacara kemudian memberi penghormatan kepada para pahlawan dengan diikuti sikap hormat senjata.

Baca juga: Presiden Joko Widodo anugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh

Para peserta upacara kemudian mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dengan ditandai bunyi sirene. Setelah itu, Presiden memimpin prosesi mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, KAI Madiun gratiskan tiket bagi guru, nakes dan veteran

Presiden Jokowi kemudian meletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata, dan upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin kemudian meninggalkan tempat upacara, dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga.

Baca juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo apresiasi peran nakes sebagai pahlawan kemanusiaan