BMKG: Riau Bakal Hujan Ringan Sore dan Malam

id bmkg riau, bakal hujan, ringan sore, dan malam

Pekanbaru (antarariau.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sabtu (29/12), memprakirakan sebagian besar wilayah Riau berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan-sedang.

"Hujan berpeluang terjadi pada sore dan malam hari. Sifatanya juga lokal dan berkemungkinan disertai angin kencang," kata Prakirawati BMKG Pekanbaru, Warih Budi Lestari, Sabtu (29/12).

Hal itu diungkapkan Warih sesuai dengan hasil monitoring citra satelite awan, analisa streamline dan kondisi fisis serta dinamis udara.

Dimana menurut dia, pada umumnya cuaca di wilayah Riau umum cerah hingga berawan dengan peluang hujan berpotensi melanda sebagian besar Riau dengan titik kosentrasi yakni pada Riau bagian Utara, Tengah dan Barat.

Wilayah-wilayah yang dimaksud meliputi Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar dan Kabupaten Pelalawan.

"Beberapa wilayah itu diprakirakan telah dilanda hujan pagi tadi. Namun dominan bakal serentak dimana hujan turun pada sore atau malam hari," katanya.

Untuk arah angin pihaknya memprakirakan pada umumnya bertiup dari arah Barat Laut sampai dengan Timur Laut dengan kecepatan rata-rata delapan hingga 28 kilometer per jam.

Kemudian temperatur udara maksimum yakni 31,5 hingga 33,5 derajat Celsius dan minimum berkisar 21,0-23,0 derajat Celsius.

Sementara untuk sistem kelembaban udara maksimum yakni 95-99 persen dan minimum berkisar 55-60 persen.

Tinggi gelombang untuk wilayah perairan Riau, seperti Bengkalis, Dumai dan Rokan Hilir diprediksi bakal berkisar antara 0,5-1,25 meter.

Untuk perairan Riau lainnya, meliputi Meranti, Indragiri Hilir dan Selat Malaka, ditaksir bakal berkisar antara 0,75-1,5 meter. Kondisi demikian dinyatakan normal.