Puluhan petani prempuan Sengkilo Inhu terima bibit sayur gratis

id Puluhan peteni perempuan dapat bantuan,Kelompok tani, kelompok tani wanita, petani wanita

Puluhan petani prempuan Sengkilo Inhu terima bibit sayur gratis

Bupati Inhu Rezita Meylani saat memberikan bibit tanaman secara simbolis. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat (ANTARA) - Puluhan petani perempuan menerima bantuan bibit sayuran gratis dari PemkabIndragiri Hulu sebagai bentuk kepedulian ekonomi untuk menuju ketahanan pangan, Jumat (8/10).

Pemberian bibit sayuran dilaksanakan di Balai Desa Sengkilo, Kelayang. Sekelompok ibu-ibu petani dengan memakai masker terlihat bahagia dan bangga atas bantuan tersebut.

Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, pada saat menyerahkan bibit sayur tersebut berharap panen sayur nantinya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya minta, hasil tanaman sayur bisa juga membantu ekonomi keluarga," katanya.

Ekonomi petani akan terbantu jika sayuran dikelola dengan baik dan maksimal. Bibit sayur yang diberikan secara gratis kepada ibu - ibu petani yang sudah tergabung dalam kelompok di Desa Sengkiloberasal dari benih unggul untuk penerima yang sudah terdaftar. Alasannya adalah pengelolaannya dapat terpantau, dan daerah ini terkenal tanahnya subur, dan masyarakatnya senang bertani sayuran.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Inhu Isnidar pada kesempatan itu mengatakan, penyerahan bantun bibit sayuran kepada Kelompok Wanita Tani Buluh Rampai Desa Sengkilo Kecamatan Kelayang itu adalah salah satu wujud dari program kemandirian pangan.

Jika, petani aktif dan rajin maka ekonomi rumah tangga semakin membaik. Kepedulian ini adalah bagian dari komitmen Pemkab Inhuterhadap peningkatan keamanan pangan bagi pelaku Industri Rumah Tangga Pangan sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

Sementara Kepala Desa Pulau Sengkilo Jon Hepni menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Inhuyang telah memberikan bantuan bibit tersebut.

"Besar harapan kami bibit tanaman yang diserahkan dapat tumbuh dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi warga Desa Pulau Sengkilo," ujarnya.