Kabar baik, Sriwijaya bakal buka jalur Pekanbaru-Batam

id kabar baik, sriwijaya bakal, buka jalur pekanbaru-batam

Pekanbaru (antarariau) - Maskapai penerbangan swasta nasional Sriwijaya Air segera membuka jalur baru Pekanbaru-Batam pada akhir November 2012.

"Mudah-mudahan tidak ada halangan, waktu dekat ini akan dibuka rute Pekanbaru-Batam. Insya Allah bulan ini juga," ujar Sales Representative District Pekanbaru, Eko Dian Suhadinata, disela-sela pembukaan Riau Tourism and Travel Fair (RTTF) 2012 di Pekanbaru, Jumat.

Dia menjelaskan, renana itu sudah dipromosikan kepada perusahaan biro perjalanan wisata, termasuk telah mengurus izin-izinnya dan tinggal menunggu "reservasi-nya" keluar dari sistem.

Rencananya Sriwijaya Air akan menggunakan pesawat berbadan sedang buatan Amerika Serikat yakni jenis Boeing 737 seri 300 yang memiliki kapasitas 147 penumpang dan seri 500 dengan kapasitas 167 tempat duduk.

Penumpang untuk kepentingan bisnis atau yang mau sekedar jalan-jalan ke Singapura dan keluar dari Indonesia melalui pintu Batam, Kepulauan Riau, merupakan target pasar maskapai penerbangan tersebut.

"Atau juga untuk bersilaturahim, karena pada dasarnya Riau dan Kepulauan Riau itu dulu satu kesatuan," katanya.

Sebelumnya, maskapai Garuda Indonesia berencana membuka dua rute baru yakni Pekanbaru-Batam-Medan dan Pekanbaru-Batam pulang-pergi pada pertengahan tahun 2013 karena banyak orang Sumatera Utara yang berhasil di Pekanbaru.

"Insya Allah pada 'mid' tahun 2013, kira-kira di bulan April yang ke Medan buka baru dan Batam. Jadi ada yang langsung ke Medan dan ada juga ke Medan lewat Batam," ujar General Manager Garuda Indonesia Pekanbaru, Suyatno Rifat.

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru setiap harinya melayani rute Pekanbaru-Batam yang diterbangi oleh dua maskapai yakni Wings Air, anak perusahaan Lion Air dengan lima kali sehari pulang-pergi menggunakan ATR 72-500 berkapasitas 70 kursi.

Satu lagi, maskapai Sky Aviation yang terbang pulang-pergi sebanyak satu kali menggunakan pesawat jenis Boeing 737.