Satu-satunya di Riau, Laboratorium ekstraksi Albumin dari Ikan Gabus ada di Siak

id albumin, ikan gabus, ikan gabus siak,siak, wabup siak

Satu-satunya di Riau, Laboratorium ekstraksi Albumin dari Ikan Gabus ada di Siak

Wabup Siak di Laboratorium PT Alam Siak Lestari uang bisa mengekstraksi Albumin dari Ikan Gabus. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Wakil Bupati Siak Husni Merza meninjau Laboratorium dari PT. Alam Siak Lestari yang khusus untuk menganalisa, mengecek dan memproduksi Albuminyang ada di dalam Ikan Gabus yakni protein di plasma darahnya.

Kandungan Albumin ini fungsinya menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan lain. Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin, dan enzim.

"Pemerintah Kabupaten Siak sendiri mendukung adanya laboratorium ini. Alhamdulillah untuk di Provinsi Riau, ini merupakan satu-satunya laboratorium khusus menganalisa, mengecek dan memproduksi Albumin yang diekstrak dari ikan khususnya Ikan Gabus", kata Husni di laboratorium Jalan Sapta Taruna Kecamatan Siak, Selasa (21/9).

Pada peninjauan ke laboratorium tersebut, Wabup Husni Merza didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Susilawati. Wabup disambut Direktur PT Alam Siak lestari Musrahmad atau yang kerap disapa Igun.

Untuk bahan baku ikan gabus, nantinya akan diambil dari budidaya ikan gabus dilahan Gambut.Dengan adanya Laboratorium PT Alam Siak Lestari juga bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk memelihara ikan gabus.

"Ini merupakan salah satu yang menarik untuk dikunjungi di Siak, karena perusahaan ini bukan hanya berbisnis tapi juga menjaga dan memperhatikan alam," tambahnya.

Baca juga: Dirjen KKP ingatkan keunggulan ikan gabus