Pertamina RU II Sungai Pakning raih penghargaan Platinum ISDA

id pertamina,Pertamina sungai pakning, pertamina ru ii

Pertamina RU II Sungai Pakning raih penghargaan Platinum ISDA

Proses pemberian penghargaan. (ANTARA/dok)

Assistance Administration PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Sungai Pakning Rahmad Hidayat menerima penghargaan Platinum kategori Mitigasi Perubahan Iklim bagi Masyarakat pada ajang Indonesia Sustainable Development Goals (ISDA) 2021
Bengkalis (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Sungai Pakning kembali meraih penghargaan Platinum kategori Mitigasi Perubahan Iklim bagi Masyarakat pada ajang Indonesia Sustainable Development Goals (ISDA) 2021 untuk program Kampung Gambut Berdikari, Jumat (17/9).

Program Kampung Gambut Berdikari merupakan salah satu program CSR yang diinisiasi oleh PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Sungai Pakning sebagai upaya penanganan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Riau.

Manager Production PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Sungai Pakning Antoni R Doloksaribu,

menjelaskan Program Kampung Gambut Berdikari ini merupakan program yang telah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan merupakan upaya dalam penanganan hingga pemulihan pasca bencana karhuta.

Antoni juga menjelaskan bahwa program ini terdiri atas beberapa kegiatan seputar isu lingkungan gambut yaitu Mitigasi Karhutla Berbasis Masyarakat Peduli Api (MPA), Pertanian Nanas Terintegrasi, Pelestarian Arboretum Gambut, Pertanian Holtikultura, Sekolah Cinta Gambut, serta Budidaya Madu Hutan Gambut.

“Tujuan kami adalah mencapai masyarakat yang mandiri dan peningkatan ekonomi. Melalui program ini, kami ingin agar masyarakat sekitar dapat mengambil kebaikan serta manfaat dari pelestarian lahan gambut. Semoga program ini akan semakin baik dan berkelanjutan. Jika Gambut Lestari, Masyarakat kita bisa Mandiri” tuturnya.

Arya Dwi Paramita, VP CSR & SMEPP PT Pertamina mengatakan bahwa perjuangan dalam pelestarian lahan gambut telah dilaksanakan sejak lama melalui program Kampung Gambut Berdikari yang alhamdulillah telah menghantarkan Penghargaan Platinum ini bagi Pertamina Kilang Sungai Pakning

Arya juga menambahkan bahwa Program Kampung Gambut Berdikari selama ini memiliki outcome untuk menjawab isu sosial dan lingkungan di masyarakat.

“Inovasi sosial ini tidak kami lakukan sendiri, namun didukung oleh semangat kelompok masyarakat yang sangat tinggi serta berbagai stakeholder yang peduli terhadap isu lingkungan gambut dan mitigasi perubahan iklim. Semoga bisa menginspirasi banyak pihak, dan semoga Pertamina Kilang Sungai Pakning program-program yang sudah ada,” pungkasnya.