Bupati Siak buka Musrenbang Rancangan RPJMD tahun 2021-2026

id bupati siak, musrenbang,dprd siak, berita siak, siak,rpjmd siak

Bupati Siak buka Musrenbang Rancangan RPJMD tahun 2021-2026

Bupati Siak Alfedri ketika membuka Musrenbang RPJMD. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri didampingi Wakil Bupati Husni Merza, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Siak Tahun 2021-2026 secara virtual, Selasa.

Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Musrenbang merupakan amanah dari peraturan perundangan yang harus dilakukan setelah Bupati/Wabup terpilih yang menyampaikan visi-misi kepada masyarakat. Visi dan misi itu harus di implementasikan dan dituangkan menjadi visi-misi RPJMD yang akan diPerda-kan.

"Bersamaan dengan penyusunan rancangan RPJMD, masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Siak harus mulai menyiapkan rencana strategis OPD-nya. Kami meminta agar seluruh pimpinan OPD dan camat mengikuti RPJMD sebagai representasi, pedoman, dan acuan oleh pimpinan OPD dalam menyusun renstra OPD," katanya.

Diharapkannya Perda RPJMD ini sudah selesai pada November 2021. Selanjutnya satu bulan setelah RPJMD ini renstra OPD juga sudah ditetapkan melalui peraturan bupati.

Tujuan penyusunan RPJMD lanjutnya adalah untuk merumuskan kondisi daerah. Baik itu isu strategis dan prioritas penanganannya, merumuskan pengelolaan keuangan dan kapasitas pendanaan, serta menterjemahkan visi-misi Bupati/Wabup ke dalam sasaran program tujuan dalam perangkat daerah.

Kemudian menerapkan program disertai indikasi pagu anggaran dan target indikator kinerja. Pada akhirnya menetapkan indikator kinerja daerah sebagai dasar penilaian keberhasilan pemerintahan.

"Di akhir nanti kepemimpinan kami 5 tahun yang akan datang, indikator dan target kinerja yang ada di RPJMD inilah sebagai tolak ukur keberhasilan kepemimpinan pemerintahan dan pembangunan yang ada di Kabupaten Siak.Tahapan penyusunan RPJMD sudah di mulai dari menampung aspirasi masyarakat, menyelaraskan dengan RPJPD 2005 - 2025, melakukan studi/kajian, dan juga sudah melewatkan rancangan teknokratik RPJMD untuk menyusun rencana awal RPJMD dengan memasukkan visi dan misi Bupati terpilih," ujarnya.

Turut mengikuti dalam kegiatan ini, Sekda Kabupaten Siak Arfan Usman, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Jamaluddin, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Siak M Yunus. Ada juga Tokoh Masyarakat, Ketua Lembaga Adat Melayu Siak serta Pimpinan OPD terkait.

Mengikuti secara virtual Bappeda Litbang Provinsi Riau, Andi Ista Tutih (Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah), Ketua DPRD Siak Azmi beserta Anggota, seluruh Camat se-Kabupaten Siak, Kepala Badan Usaha Milik Negara dan Daerah.