Kampar Usulkan 5.533 Rumah Layak Huni

id kampar usulkan, 5533 rumah, layak huni

Bangkinang, (antarariau.com) - Warga yang belum punya rumah layak huni di Kabupaten Kampar, bolehlah berharap dibangunkan rumah oleh pemerintah setelah Pemkab mengusulkan pembangunan sebanyak 5.533 unit rumah layak huni kepada Menteri Perumahan Rakyat RI dengan dana APBN.

"Masih banyak warga yang memiliki rumah tidak layak dan perlu dibantu pemerintah. Kita tengah melengkapi data secara administrasi seperti KTP, maupun photo rumah-rumah yang diusulkan tersebut termasuk juga kelayakan dari jumlah anggota keluarga sebagai bahan untuk verifikasi oleh Kemenpera," kata Kepala Dinas PU Cipta Karya, Fauzi Nurta yang dimintai tanggapannya seputaran banyaknya kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat di Kabupaten Kampar, Senin.

Fauzi menyatakan bahwa usulan rumah itu masih lama dan tidak serta merta dapat direalisasikan, sebab proses dan tahapan-tahapan, selain harus dilengkapi data untuk syarat administrasi juga pihak Menpera harus melakukan verifikasi terhadap data dan fakta yang diberikan oleh Pemdakab Kampar.

Kendati demikian, tidak semua kebutuhan rumah RLH itu dapat dikabulkan, hanya saja dari usulan yang disampaikan sebanyak 100 unit sebelumnya, dinilai Kemenpera terlalu sedikit.

“Mudah-mudahan usulan dari Pemdakab Kampar ini mendapat porsi yang lebih banyak, do’akan saja,“ pinta Fauzi.

Sebelumnya, ia menyampaikan, dari rekapitulasi data investaris perumahan penduduk pada 2011, kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat Kampar ini cukup banyak yakni mencapai 5.533 unit yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Kampar.

Kebutuhan akan rumah itu, masuk dalam dua kategori, pertama mereka yang punya rumah tetapi tidak layak huni, dan kedua memiliki lahan tetapi tidak punya rumah.

Kebutuhan rumah layak huni tersebut tersebar di Kecamatan Bangkinang membutuhkan 135 unit, Bangkinang Seberang 146 unit, Kecamatan Kampar butuh 190 unit, Kecamatan Tambang butuh 667 unit, Tapung Hulu terdata 665 unit, Kecamatan Kampar Utara butuh 199 unit, 13 Koto Kampar butuh 138 unit, Kampar Kiri 168 unit, Rumbio Jaya 171 unit, Perhentian Raja 71 unit.

Selanjutnya Kecamatan Kampar Timur 23 unit, Koto Kampar Hulu 1087 unit, Kampar Kiri Hulu 276 unit, Gunung Sahilan 91 unit, Tapung 681 unit, Tapung Hilir 524 unit, Kuok 56 unit, Kampar Kiri Tengah 241 unit.