Harga Kambing Di Pekanbaru Capai Rp1,6 Juta Perekor

id harga kambing, di pekanbaru, capai rp16, juta perekor

Pekanbaru, (antarariau) - Sebulan menjelang Hari Raya Idul Adha harga kambing di Pekanbaru, Riau, melambung dari sekitar Rp1,2 juta kini mencapai Rp1,5 hingga 1,6 juta per ekor untuk kambing jantan dewasa berbobot sekitar 28 kilogram.

"Harganya memang selalu naik jelang Idul Adha. Selalu begini setiap tahunnya," kata Armanto seorang pedagang kambing di Jalan Belimbing, Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan, kenaikan harga kambing jantan per erkornya disebabkan harganya yang juga melambung ketika berada di tangan penyalur atau distributor.

Armanto menjelaskan, sebulan menjelang lebaran haji, jumlah permintaan kambing kurban di Kota Pekanbaru juga cenderung meningkat.

Dengan permintaan yang terus meninggi, demikian Armanto, maka mau tak mau pihak distributor juga turut menaikkan harganya.

"Imbasnya juga ke kami yang mau tak mau juga harus menaikkan harga per ekor kambing. Memang lebih mahal namun tidak begitu lah," katanya.

Sebagai pertenak kambing dia juga mengaku ingin mendapatkan untung lebih besar pada saat Hari Raya Idul Adha.

Pengamatan ANTARA, kambing kurban baru dikirim ke Pekanbaru dari sejumlah wilayah luar provinsi sejak sepekan lalu, dimana mulai bermunculan pedagang ternak dadakan di beberapa wilayah kota itu.

Namun biasanya, pedagang dadakan ini mulai marak ketika sepekan menjelang perayaan Idul Adha dan para pedagang kambing dadakan biasanya membuat kandang-kadang sementara untuk dijadikan tempat penampungan.

Sejumlah pedagang kambing lainnya menyatakan, saat mendekati Hari Raya Idul Adha mendatang, bahkan ditaksir harga kambing per ekornya bisa mencapai Rp2 juta.

Hal itu diakui pedagang karena kebanyakan mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pangan dan membuat kandang kambing di sekitar wilayah strategis.

"Belum lagi ditambah harga sewa tempatnya yang pasti ikut-ikutan mahal," kata Nasir, pedagang kambing lainnya.