Arara Abadi dan TNI/Polri padamkan karhutla di SM Giam Siak Kecil

id PT Arara Abadi,Arara abadi, karhutla riau, sinar mas

Arara Abadi dan TNI/Polri padamkan karhutla di SM Giam Siak Kecil

Tim sedang memadamkan api di kawasan hutan lindung Giam Siak Kecil di Desa Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis yang terbakar sejak Rabu (21/07). (ANTARA-HO-Arara Abadi)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi-APP Sinar Mas memadamkan api di sekitar 1,6 Km dari batas luar konsesi perusahaan atau di kawasan hutan lindung GSK (Giam Siak Kecil), Desa Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis yang terbakar sejak Rabu (21/7).

"Selain pemadaman oleh Tim RPK PT Arara Abadi, pemadaman juga dilakukan Tim Manggala Agni, TNI/POLRI dan Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan PT Arara Abadi," kata Fire Marshal PT Arara Abadi Distrik Duri 1 Melibur, Sidik Effendi, kepada media di Pekanbaru, Kamis petang.

Dia mengatakan, api mulai terdeteksi di luar batas konsesi perusahaan sekitar oleh tim patroli perusahaan melalui menara api, sekitar pukul 15.00 WIB pada Rabu (21/7), diperkirakan vegetasinya adalah semak belukar.

Dengan gerak cepat, satu regu RPK diturunkan dan juga satu regu MPA serta dibantu dua warga setempat yang selanjutnya langsung melaporkan karhutla tersebut kepada pihak terkait.

"Sampai tengah malam tim RPK bekerja memadamkan karhutla di kawasan Suaka Margasatwa GSK tersebut sampai bantuan dari tim lainnya tiba. Dan pada Kamis (22/7) tim RPK kita bersama-sama kawan-kawan Manggala Agni,BBKSDA, TNI/POLRI, BPBD dan MPA serta masyarakat bahu membahu melanjutkan pemadaman. Alhamdulillah api sudah terkendali dan padam serta tinggal pendinginan," katanya.

Tim BBKSDA Riau juga menyampaikan terimakasih kepada RPK dan tim lainnya. ”Kami mengucapkan terimakasih kepada Tim RPK Distrik I Melibur, TNI/POLRI, Manggala Agni, MPA Tasik Tebing Serai dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam memadamkan (Karhutla) di Suaka Margasatwa, Giam Siak Kecil," kata Ketua Tim BBKSDA Riau Herman Arwan .

Babinsa Desa Tasik Tebing Serai, Serda B Sinaga, juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim yang ikut serta memadamkan karhutlatersebut.

"Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim RPK Distrik Duri 1 Melibur PT Arara Abadi, anggota BBKSDA,Manggala Agni, dan MPA Desa Tasik Tebing Serai yang telah bersama-sama ikut serta berpartisipasi memadamkan Karhutla," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBDRiau M. Edy Afrizal mengapresiasi langsung langkah pemadaman tersebut.

"Pertama apresiasi buat kawan-kawan yang berjibaku di lapangan. Kami mengimbau, tingkatkan patroli rutin dalam rangka deteksi diniKarhutla dengan tetap melibatkan masyarakat. Sinergitas antarpihak terkait juga terus kita tingkatkan. Kami imbau tetap jaga kesehatan dan keselamatan dalam bertugas, padamkan api tersebut selagi masih kecil jangan tunggu api membesar," demikian Edy Afrizal.
Pewarta :
Editor: Frislidia
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar