Masjid An-Nur Gelar Ceramah Tiga Kali Sehari

id masjid an-nur, gelar ceramah, tiga kali sehari

Pekanbaru, (antarariau) - Siraman rohani Ramadhan dengan melibatkan sejumlah penceramah profesional di Masjid Agung An-Nur Riau yang berlokasi di Pekanbaru dilakukan setiap hari, bahkan tiga kali dalam seharinya.

"Ceramah keagamaan ini pertama kali dilakukan mulai dari seusai Shalat Subuh, kemudian sesudah Shalat Zhuhur, dan terakhir yakni jelang Magrib atau berbuka puasa," kata Sekretaris pada Sekretariat Pengelola Masjid Agung An-Nur Riau, Drs.H. Sukmadi Mukmin di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, rutinnya siraman rohani yang dilakukan ini adalah dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah, dimana seluruh umat muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan ini, kata dia, tentunya berbeda dengan kegiatan di hari-hari biasanya. Selain shalat berjemaah lima waktu, hanya ada kegiatan pengajian, sementara siraman rohani hanya dilakukan maksimum dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya, demikian Sukmadi, selain menggelar kegiatan siraman rohani, pihaknya juga mengadakan kegiatan bembacaan ayat suci Al-Quran yang disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia (RRI).

Kegiatan pengajian ini kata dia, digelar juga setiap harinya yakni sore hari jelang berbuka puasa dan malam hari seusai shalat tarawih berjemaah.

"Diharapkan, dengan adanya siraman rohani hingga pengajian di hari-hari Ramadhan, masyarakat dapat lebih menggali keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT," katanya.

Masjid Agung An-Nur Riau terletak di pusat Kota Pekanbaru. Bangunan rumah ibadah ini mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre serta dilengkapi pula taman yang indah dan luas.

Masjid Agung An-Nur juga merupakan lokasi Pusat Dakwah Islam di Kota Pekanbaru. Disebutkan bahwa Masjid ini adalah Masjid terbesar di Sumatera.

Kemegahan dan keindahaannya menjadi magnet bagi kebanyakan warga setempat maupun pendatang yang sering membuat sebagai lokasi wisata keluarga.

Rumah ibadah ini juga sangat baik untuk aktivitas keagamaan, olahraga di pagi dan sore hari, berfoto atau berselancar di dunia maya karena Masjid ini tersedia fasiltas WiFi gratis.

Masjid Agung An-Nur adalah gabungan arsitektur Melayu, Arab dan Turki dan telah menjadi ikon Kota Pekanbaru. Rumah ibadah ini juga dilengkapi bermacam fasilitas seperti pendidikan mulai dari playgrup, TK, SD, SMP dan SMA, serta dilengkapi pula dengan perpustakaan juga fasiltas lain seperti aula dan kantor-kantor organisasi islamiah.

Masjid Agung An-Nur Riau terletak di Jalan Hang Tuah yang merupakan masjid propinsi dengan bentuk bangunan yang menarik dilengkapi tiang besar dan tinggi melambangkan kebesaran Tuhan.

Saat ini masjid ini juga telah termasuk dalam 10 Masjid termegah di Indonesia. Selain berfungsi sebagai fasilitas ibadah masjid ini juga sebagai pusat kegiatan remaja mesjid se-Riau khususnya Kota Pekanbaru.