AFC: Animo Penonton Laga Indonesia-Macau Menurun

id afc animo, penonton laga, indonesia-macau menurun

Pekanbaru, (antarariau) - Antusiasme penonton dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Asia (AFC) U-22 yang mempertemukan Indonesia-Makau di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Selasa malam, terpantau kian menyusut dibandingkan laga Garuda Muda sebelumnya.

Dari kapasitas penonton di Stadion Utama Riau yang mencapai 40.700 kursi, diperkirakan hanya terisi kurang dari 30 ribu penonton saja yang terdiri dari berbagai kalangan.

Koordinator Penjualan Tiket Piala Asia U-22 Grup E di Pekanbaru, Faisal, mengatakan, dari sekitar 35 ribu tiket yang disediakan untuk khalayak umum, hanya terjual sekitar 28 ribu saja.

Selebihnya, atau sekitar seribuan penonton yang berada di tribun kelas II dan VIP merupakan dari kalangan pejabat, wartawan dan pihak panitia serta penyelenggara.

"Kemungkinan minim atau pemerosotan jumlah penonton atau superter Indonesia disebabkan acara ini disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi nasional," katanya.

Sebelumnya sempat dikabarkan, pemerosotan jumlah penonton dalam laga babak kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E di Pekanbaru yang melibatkan enam negara, yakni Indonesia, Makau, Singapura, Timor Leste, Australia dan Jepang disebabkan maraknya praktik calo tiket di sana.

Namun Faisal membantahnya dengan tegas. Menurutnya, tidak ada praktik percaloan seperti yang diindikasikan, terlebih hal itu melibatkan pihak internal atau panitia penyelenggara.

"Namun kalau calonya dari pihak-pihak diluar kepanitian, itu mungkin saja. Tapi yang jelas, faktor utama berkurangnya jumlah penonton adalah disebabkan adanya penanyangan Indonesia secara langsung," katanya.

Selain itu, demikian Faisal, juga bisa disebabkan penjagaan pintu masuk yang begitu ketat dengan melibatkan sejumlah personel kepolisian sehingga tidak ada kecurangan atau tiket palsu yang bisa lolos masuk ke tribun stadion.

Sebelumnya, Faisal tidak menyanggal sempat beredar tiket dan identitas pers palsu.

Namun diakuinya, hal tersebut masih sebatas indikasi karena pelakunya sejauh ini belum tertangkap.

Laga Indonesia melawan Makau di Stadion Utama Riau yang berlokasi di Kompleks Universitas Riau saat ini masih berlansung.

Indonesia masih ungguk sementara dengan skor 1-0. Gol tercipta lewat tendangan keras Hendra Adi Bayau, pemain bernomor punggung 9.