Musim Libur, Aktivitas Penyeberangan Dumai Meningkat

id musim libur, aktivitas penyeberangan, dumai meningkat

Musim Libur, Aktivitas Penyeberangan Dumai Meningkat

Dumai, (antarariau) - Aktivitas penumpang dan kendaraan keberangkatan penyeberangan Ro-Ro Dumai-Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau sejak masuk musim liburan meningkat dibanding hari biasa.

"Jumlah arus penumpang kapal Ro-Ro dibanding hari biasa mengalami peningkatan dua kali lipat," kata Eko Wardoyo, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (LLASDP) Dinas Perhubungan Kota Dumai, Kamis.

Menurutnya, lonjakan penyeberangan lebih didominasi kendaraaan roda dengan tingkat keberangkatan perhari bisa mencapai 300 unit.

Kendati telah mengalami peningkatan, namun pihak kapal KMP Papuyu mengaku belum kewalahan untuk melayani lonjakan keberangkatan.

Sebab, feri penyeberangan yang disediakan setiap hari masih pada jadwal yang sama, yaitu 4 trip pulang pergi kapal.

"Saat ini kita belum memandang perlu penambahan jadwal keberangkatan dan kepulangan kapal feri penyeberangan karena armada cukup mengakomodir seluruh penumpang dari dan tujuan Dumai-Tanjung Kapal yang ingin berliburan," jelasnya.

Dia mengatakan, kapasitas KMP Papuyu dengan grosstone 280 berukuran cukup besar dan mampu mengangkut 75 kendaraan roda dua beserta 10 kendaraan roda empat.

Sejauh ini, aktivitas pelayaran selama musim liburan berjalan lancar karena didukung kondisi cuaca yang baik. Disamping itu juga karena kondisi armada angkutan orang dan barang tersebut dalam keadaan baik dan laik laut.

"Menghadapi lonjakan penumpang saat ini, selain mengutamakan melayani kepentingan umum penyeberangan orang dan barang, juga memperhatikan faktor keselamatan pelayaran kondisi kapal agar berjalan lancar," ungkapnya.