Bantuan tahap III, PT CPI-SKK Migas distribusikan 4.750 paket sembako di 19 titik

id Pt cpi, cpi, chevron, skk migas

Bantuan tahap III, PT CPI-SKK Migas distribusikan 4.750 paket sembako di 19 titik

Camat Kandis, Siak, Said Irwan, SE. (empat kiri) menerima bantuan ratusan paket sembako dari PT CPI untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan pada 24 Februari 2021. (ANTARA/HO-PT CPI)

Pekanbaru (ANTARA) - SKK Migas - PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) terus bergerak membantu masyarakat Riau dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19. Beragam program terus dijalankan, mulai dari bantuan tanggap darurat, ketahanan pangan, pemberdayaan Kelurahan Siaga COVID-19, hingga pembangunan sumur air bersih.

Bantuan tanggap darurat, di antaranya, berupa pakaian dekontaminasi (hazmat), masker, hand sanitizer; tempat tidur dan matras medis, termometer inframerah. Untuk pembagian paket sembako, misalnya, SKK Migas - PT CPI membagikan lebih dari 8.000 paket sembako pada tahun lalu.

Sedangkan tahun ini, sekitar 4.750 paket sembako telah dibagikan ke masyarakat sejak awal tahun hingga April 2021. Bantuan tersebut didistribusikan ke 19 titik di sekitar Kota Pekanbaru, Kampar, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, dan Dumai. Sembako diserahkan di tingkat kecamatan untuk selanjutnya disebarkan ke berbagai kelurahan yang ada di kecamatan tersebut.

Pada masa pandemi ini, PT CPI juga menjalankan Program Chevron untuk Riau Sehat dan Sejahtera (Cherish) yang meliputi tiga kegiatan utama yakni Program Ketahanan Pangan; Pembentukan Kelurahan Siaga COVID-19; dan Pembangunan Sumur Air Bersih. Program-program tersebut dilaksanakan melalui kolaborasi dengan multipihak, termasuk dengan sejumlah perguruan tinggi di Riau, Dinas Pertanian dan Dinas kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, serta aparat di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Kami memahami bahwa pandemi COVID-19, yang sudah berjalan lebih dari setahun, sangat berdampak terhadap masyarakat. Melalui program yang kami jalankan dan bantuan yang kami serahkan, kami berharap dapat meringankan dampak yang ada," ujar GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin. Program-program tersebut, lanjut Sukamto, didesain untuk turut mendukung program pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi COVID-19.

(kiri ke kanan) Manager Corporate Affairs Asset South PT CPI Wan Dedi Yudhistira, Wakil Bupati Siak H. Husni Merza, BBA.MM. dan Assisten II Kabupaten Siak Hendrisan, S.Sos,M.Si melakukan pengguntingan pita peresmian sumur air bersih di Minas Barat, Siak, pada 30 Maret 2021. (ANTARA/HO-PT CPI)


Untuk Program Ketahanan Pangan, bantuan diberikan kepada 20 kelompok tani (Poktan) dari enam kabupaten/kota di sekitar area operasi PT CPI di Riau, yakni Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, dan Pekanbaru. Beberapa Poktan sudah berhasil panen, di antaranya panen raya di Desa Petapahan, Tapung, Kampar, yang dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen (purn) Edy Natar Nasition dan panen di Rumbai Barat, Pekanbaru, yang dihadiri Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus, ST., MT.

Program ini juga meluncurkan website PetaniRiau.ID untuk pemasaran digital dari produk para petani. Dalam program ketahanan pangan, PT CPI bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Unri) dan Center for Entrepreneurship and Third Sector Universitas Trisakti (CECT Trisakti).

Kemudian untuk pemberdayaan Kelurahan Siaga COVID-19, program ini dilaksanakan di tiga kecamatan di Pekanbaru dan Bengkalis. Di Pekanbaru, misalnya, sebanyak 24 Tim Pokja Kelurahan Siaga COVID-19 dikukuhkan langsung oleh walikota. Dalam pelaksanaan program, PT CPI menggandeng Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) sebagai mitra pelaksana.

Untuk program pembangunan sumur air bersih, PT CPI telah menyerahkan sumur air bersih di Kampung Minas Barat dan Kampung Minas Timur, Kabupaten Siak. Selanjutnya, pembangunan akan juga dilakukan di tiga lokasi lainnya di Rohil dan Kampar. Dalam program ini, PT CPI bekerja sama dengan LPPM Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Perwakilan PT CPI menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada Camat Tapung Hulu, Kampar, Sutani Rakhmat S.Sos pada 1 April 2021. (ANTARA/HO-PT CPI)


Program Cherish tak hanya mendukung upaya penanggulangan dampak pandemi, namun juga berkontribusi signifikan terhadap sejumlah pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals di Provinsi Riau. Poin Sustainable Development Goals (SDGs) yang tercakup, antara lain, tentang poin Tanpa Kelaparan; Air Bersih dan Sanitasi Layak; Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. PT CPI menggandeng sejumlah perguruan tinggi di Riau untuk menjalankan program tersebut.

Selain bantuan dari Perusahaan, PT CPI juga menggugah semangat kesukarelawanan para pegawai dan keluarganya melalui komunitas masing-masing, seperti ikatan alumni, jaringan pegawai wanita, persatuan ibu-ibu, dan lain-lain. Secara sukarela, mereka mengumpulkan dana dan membagikan bantuan kepada ribuan warga masyarakat, seperti APD, multivitamin, susu, hand sanitizer, fasilitas sanitasi umum, paket sembako, dan disinfektan.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar