Bulog Riau-Kepri siapkan 55 ton daging beku selama Ramadhan

id Daging beku,daging kerbau, daging kerbau beku, bulog riau

Bulog Riau-Kepri siapkan 55 ton daging beku selama Ramadhan

Petugas memperlihatkan stok daging beku di Bulog Riau-Kepri (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Wilayah Riau-Kepri siapkan 55 ton daging kerbau beku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kini sudah ada stok 30 ton kerbau beku di gudang Bulog Riau-Kepri," kata Kepala Bulog Riau-KepriBakhtiar AS kepada ANTARA di Pekanbaru, Senin.

Dikatakan Bakhtiar, seiring waktu berjalan hingga menjelang Idul Fitri 1442, akan ada pengiriman daging beku lagi ke wilayah Riau danKepri. "Berikutnya masih ada yang akan datang lagi sekitar 25 ton," katanya.

Dikatakan dia, Bulog sudah mulai memasarkan daging kerbau beku tersebut guna menyambut Ramadan tahun ini. Hal ini bertujuan mengantisipasi gejolak harga daging sapi segar di pasar tradisional. Harga eceran maksimal daging kerbau beku saat ini adalah Rp80.000/kg.

Ia menjelaskan untuk pemasaran Bulog menggandeng RPK (Rumah Pangan Kita) dan Toko Pangan Kita (TPK), yang tersebar di setiap kelurahan hingga RT/RW.

"Selain mitra bisa juga beli langsung di Kantor Bulog yang ada di masing-masing cabang dan wilayah," katanya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir atas ketersediaan daging menjelang Ramadhan, bahkan hingga Idul Fitri 1442, sebab Bulog akan terus menambah pasokan jika animo meningkat.

"Karena kualitas dan kehalalan daging kerbau beku ini juga terjamin karena sudah disertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI)," katanya.

"Jadi berapa pun yang dibutuhkan Bulog siap menyediakan sehingga tidak ada alasan masyarakat kesulitan mendapatkan daging untuk Ramadhan dan Idul Fitri," katanya lagi .

Mengenai harga, ia mengatakan tidak ada kenaikan dari harga sebelumnya yakni Rp80.000 per kilogram.

"Tentunya ini jelas lebih murah ketimbang eceran daging sapi segar di pasar Rp110.000-Rp120.000 per kilogramnya," tukasnya.

Baca juga: Bulog Riau-Kepri jamin stok beras cukup sambut Ramadhan

Baca juga: Wako Pekanbaru sambut program pangan Bulog khusus stunting