BKKBN Riau terjunkan 11.585 kader lakukan Pendataan Keluarga

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,BKKBN

BKKBN Riau terjunkan 11.585 kader lakukan Pendataan Keluarga

Kantor BKKBN Perwakilan Provinsi Riau menerjunkan sebanyak 11.585 kader melakukan pendataan keluarga (Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor BKKBN Perwakilan Provinsi Riau menerjunkan sebanyak 11.585 kader melakukan pendataan keluarga sebagai kegiatan lima tahunan BKKBN guna mendapatkan data basis keluarga, KB, tentang pembangunan keluarga yang memetakan masalah pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga.

"Kader yang diterjunkan berasal dari PPKBD dan sub PPKBD dan kader-kader Poktan, dengan metode menggunakan smartphone diberikan uang operasioanal Rp5.500 dan dengan cara menggunakan formulir saja hanya Rp4.5000,"kata Kepala BKKBN Perwakilan Riau Mardalenawati Yulia, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, sejumlah item yang didata oleh kader secara by name by addres itu, meliputi masalah pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dengan 20 indikator.

Kader yang diterjunkan katanya, adalah putra asli daerah tempatan agar karena mereka lebih memahami dan mengenal wilayah tempat tinggalnya sehingga memudahkan untuk melakukan pendataan.

"Kegiatan yang serentak dilakukan se Indonesia itu dimulai 1April 2021 sampai dengan 31 Mei 2021. Karena bertepatan dengan memasuki puasa Ramadhan dan idul Fitri maka kader diminta untuk menyesuaikan jam kegiatan pendataannya. Namun demikian tetap menerapkan protokol kesehatan,"katanya.

Untuk estimasi penduduk yang di data, katanya, mencapai 1,6 juta keluarga, namun itu bisa lebih sesuai kondisi terkini.

Dia mengatakan pendataan keluarga ini sekaligus menjadi rujukan sumber perencanaan tentang kependudukan dan data keluarga.

"Data-data keluarga itu akan dimanfaatkan pemerintah untuk perencanaan, intervensi program KB, dan pengendalian penduduk,"katanya. **3**T.F011