Dumai Alami Kenaikan Pemohon AK1

id dumai alami, kenaikan pemohon ak1

Dumai Alami Kenaikan Pemohon AK1

Dumai, (antarariau) - Jumlah pembuatan kartu AK1 pencari kerja di Bidang Bursa dan Penempatan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai, Provinsi Riau, meningkat drastis sejak diumumkan rencana penyelenggaraan "Dumai Job Fair 2012".

Menurut Kasi Bursa Kerja Disnakertrans Dumai Yusron, Rabu, mengatakan, pembuatan kartu pencari kerja pada hari biasa rata-rata lima lembar, kini bisa mencapai 50 lembar permohonan perhari.

"Antusias masyarakat mengurus kartu Ak1 itu terlihat sejak disosialisasikannya rencana pelaksanaan Dumai Job Fair dalam waktu dekat ini," kata Yusron.

Sejak awal 2012, disnakertrans telah menerbitkan kartu tanda pencari kerja bagi warga Dumai sebanyak 2.090 lembar.

Untuk pemohon yang paling banyak melakukan pengurusan kartu AK1 ialah yang berijazah SMA dan disusul setingkat Sarjana. Sekali pembuatan kartu pencaker ini berlaku selama enam bulan.

Bagi siswa SMA yang baru lulus namun belum belum menerima sertifikat ijazah boleh mengurus kartu pencari kerja dengan syarat melampirkan surat keterangan lulus sementara (SKLS) dari sekolah bersangkutan.

"Untuk persyaratan umum pembuatan AK1, hanya cukup melampirkan ijazah dari SD sampai terakhir dan KTP Dumai serta pas foto. Kita menggratiskan pengurusan kartu ini agar kepentingan masyarakat bisa dilayani dengan cepat dan mudah," sebutnya lagi.

Dumai Job Fair 2012 yang akan digelar Disnakertrans Dumai sejauh ini bakal melibatkan 30 perusahaan berskala besar dan menengah yang akan membuka kesempatan kerja.

Lowongan kerja yang tersedia dari partisipasi perusahaan ini juga sudah berjumlah mencapai lebih dari seribuan peluang untuk putra-putri Dumai bekerja.