Dumai Alami Kenaikan 297 Ribu Jiwa Dalam 2 Tahun

id dumai alami, kenaikan 297, ribu jiwa, dalam 2 tahun

Dumai, (antarariau) - Jumlah penduduk Kota Dumai, kini 297 ribu orang atau bertambah 47 ribu orang dalam dua tahun terakhir.

"Pemerintah dan dunia usaha harus menyikapi dengan bijak peningkatan jumlah penduduk saat ini dengan cara saling singkronisasi dalam upaya pemerataan kesejahteran dan pembangunan," kata Wakil Wali Kota Dumai Agus Widayat saat menghadiri halal bihalal DPD Apindo Dumai, Kamis.

Dia menyebutkan, pertambahan jumlah penduduk hendaknya menjadi perhatian semua pihak agar kesejahteraan dan pembangunan daerah berjalan dengan baik dan selaras.

Diakuinya, bertambah penduduk ini selain dikarenakan Dumai dianggap daerah potensi pelabuhan dan industri dan banyak dilirik dunia usaha, juga akibat dimungkinkannya program Keluarga Berencana (KB) tidak berjalan.

"Sejak menjabat pimpinan di pemerintahan Kota Dumai ini selama 2 tahun, pertambahan penduduk sangat signifikan dan bahkan melebihi pertumbuhan penduduk secara nasional yang hanya 2 persen saja," ungkapnya.

Ia berharap semua komponen pemerintahan dan dunia usaha saling mendukung dalam rangka percepatan visi pembangunan daerah dan meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat.

Di samping itu juga, mengharapkan dunia perbankan dan perusahaan swasta lebih menggerakkan sektor perekonomian daerah dengan pembukaan lapangan kerja baru dan menciptakan perputaran uang yang lebih bergerak ke Dumai.

"Pertumbuhan ekonomi Dumai saat ini hanya 8 persen dan tidak seimbang dengan pertambahan jumlah penduduk yang semakin meningkat setiap tahun. Dampak buruk yang bisa timbul harus diupayakan antisipasinya bersama semua pihak terkait," harap Agus.