Vaksinasi COVID-19 massal di Riau targetkan 5.000 penerima, begini cara daftarnya

id vaksinasi massal Covid 19,vaksin CoronaVac, covid riau,kadiskes riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Vaksinasi COVID-19 massal di Riau targetkan 5.000 penerima, begini cara daftarnya

Seorang Lansia menerima suntikan vaksin CoronaVac saat vaksinasi massal di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (23/3/2021). ANTARA FOTO/FB Anggoro/21. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau bersama Relawan Peduli COVID-19 Riau menggelar vaksinasi massal selama lima hari ke depan yang dimulai Selasa ini dan menargetkan 5.000 penerima.

"Dalam rangka mendukung program vaksinasi COVID-19 nasional, Relawan Peduli COVID-19 Riau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Riau menyelenggarakan vaksinasi untuk lansia dan pelayan publik dan lainnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan sasaran 5.000 penerima vaksin CoronaVac terdiri dari lansia, atlet, wakil rakyat, tenaga pendidik, pedagang pasar, petugas keamanan, petugas transportasi, petugas pelayanan publik, pejabat negara, pegawai pemerintahan, tokoh agama, pelaku sektor pariwisata, serta wartawan dan pekerja media.

"Sasaran vaksinasi juga ditujukan pada purnawirawan TNI-Polri dan pensiunan aparatur sipil negara," katanya.

Vaksinasi massal tersebut berlangsung 23 hingga 26 Maret di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru. Pada tanggal tersebut, vaksinasi akan dimulai pukul 08.30 sampai dengan 16.30 WIB.

Baca juga: Sinovac klaim vaksin COVID-19 buatannya aman digunakan bayi dan remaja

Tata cara pendaftaran adalah membawa KTP asli, mengisi formulir pendaftaran dan mengambil nomor antrean. Vaksinasi tersebut tidak dipungut biaya.

Mimi berharap vaksinasi massal tersebut bisa meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 guna mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Apalagi, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) telah mengeluarkan rekomendasi baru terkait 27 penyakit yang layak mendapatkan vaksin COVID-19.

"Di luar negara-negara yang mampu memproduksi vaksin sendiri seperti Amerika Serikat, China, India, UK dan Russia, Indonesia secara bertahap naik peringkatnya menjadi delapan besar dunia dalam menyediakan dan menyuntikkan vaksin COVID-19," kata Mimi.

Berdasarkan pantuan di lokasi vaksinasi massal di Hotel Mutiara Merdeka, ratusan warga antre sejak pagi hari untuk mendapatkan suntikan vaksin CoronaVac dosis pertama.

Warga yang sudah mendaftar mendapatkan makanan kotak dari panitia. Penyuntikan vaksin melibatkan tenaga kesehatan dinas kesehatan dan rumah sakit swasta seperti RS Santa Maria dan RS Awal Bros Pekanbaru.

Berdasarkan data Dinkes Riau, jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Riau secara komulatif mencapai 33.572 orang. Dari jumlah tersebut, pasien yang sembuh mencapai 31.651 orang dan yang meninggal dunia 820 orang.

Baca juga: Ratusan polisi di Kepulauan Meranti divaksin COVID-19

Baca juga: PT Bio Farma berusaha jaga kualitas vaksin COVID-19 selama proses distribusi