Wabup: Kades Harus Mampu Sejahterakan Masyarakat

id wabup kades, harus mampu, sejahterakan masyarakat

Wabup: Kades Harus Mampu Sejahterakan Masyarakat

Kampar, (antarariau) - Wakil Bupati Kampar H Ibrahim Ali mengharapkan agar kepala desa mampu menyejahterakan masyarakatnya melalui terobosan dalam membuka peluang-peluang ekonomi, meningkatkan peran serta masyarakat dalam memperbaiki dan menjaga infrastruktur serta pelayanan optimal.

"Seorang Kades harus mampu membuka peluang ekonomi untuk menyejahterakan masyarakatnya dengan tetap mengedepankan musyawarah dan mufakat, menjaga kesatuan dan persatuan, antar perangkat desa seperti BPD (Badan Perwakilan Desa), LPM, Ninik Mamak dan tokoh masyarakat," kata Wabup usai melantik Nasrullah yang terpilih dua kali sebagai Kepala Desa Sungai Serik Kecamatan Kampar Kiri, Selasa.

Selain itu Kepada Desa diharapkan mampu menjadi penengah dalam menyelesaikan setiap persoalan yang timbul di tengah-tengah masyarakat.

"Jika ada masalah, hendaknya diselesaikan dengan baik sesuai dengan jenjang atau tingkatan penyelesaian masalah, jangan semuanya langsung ke tingkat Kabupaten,"demikian Ibrahim Ali pada acara itu, yang dihadiri Camat Kampar Kiri, Budi Darmawan, seluruh perangkat kecamatan dan desa, tokoh masyarakat, ninik mamak, dan tokoh muda.

Wakil Bupati mengingatkan agar Kades dan seluruh komponen masyarakat mampu memberdayakan potensi alam yang ada dengan tetap mengikuti mekanisme dan peraturan yang ada.

"Manfaatkan alam di sekitar kita semaksimal mungkin, namun tetap mengedepankan aturan main yang telah ditetapkan, jangan bertindak diluar ketentuan," ujarnya.

Kepada masyarakat, Wabup menyampaikan agar dapat merubah pola pikir dan kebiasaan menyia-nyiakan waktu bermalas-malasan. Ia minta agar kebiasaan yang dulunya cuma nongkrong di kedai-kedai kopi, hendaknya dikurangi dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengupayakan peningkatan taraf kehidupan sehari-hari.

"Ada banyak yang bisa dilakukan seperti menggarap perkebunan, memperluas bidang usaha, atau mencari usaha lain yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga, jangan bermalas-malas," terangnya.

Usai melantik Kades, Wakil Bupati melakukan penanaman pohon "Jabon" secara simbolis di lokasi kantor desa, kegiatan itu dilaksanakan oleh Koperasi Desa "Tanjung Harapan Kampar" untuk penanaman Hutan Tanaman Rakyat di desa tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar M Syukur mengatakan, penanaman pohon Jabon itu merupakan kerjasama pihak koperasi desa dengan Dinas Kehutanan dilakukan oleh Kopdes Tanjung Harapan Kampar. "Penanaman itu bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan penghijauan," ujarnya.