1,346 Veteran Di Pekanbaru Terlindungi Askes

id 1346 veteran, di pekanbaru, terlindungi askes

1,346 Veteran Di Pekanbaru Terlindungi Askes

Pekanbaru, (antarariau) - Sebanyak 1.346 perintis kemerdekaan atau veteran berumur di atas setengah abad (50 tahun) terdaftar sebagai peserta Asuransi Kesehatan (Askes) Cabang Pekanbaru, Riau, Regional II Sumatera.

"Veteran ini memang didaftarkan sesuai dengan amanah undang-undang yang berlaku sebagai wujud pemberian jasa untuk mereka," kata Humas PT Askes Cabang Pekanbaru Syafrizal yang ditemui ANTARA di kantornya yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Selasa.

Syafrizal mengemukakan bahwa jumlah tersebut merupakan rangkuman data tahun 2011 dan cenderung menurun dibandingkan tahun sebelumnya (2010) yang mencapai 1.386.

Menurut informasi lapangan, demikian Syafrizal, berkurangnya peserta Askes dari kalangan veteran disebabkan sejumlah dari mereka telah meninggal dunia.

"Itu sebabnya setiap tahun, para veteran ini akan terus berkurang. Dan, mungkin saja pada tahun 2012 jumlah mereka tidak lagi sebanyak pada tahun 2011," katanya.

Peserta Askes dari kalangan veteran diakuinya mendapat fasilitas yang sama dengan sejumlah peserta lainnya dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) dan lainnya.

Semua fasilitas yang ada, kata dia, juga berhak didapatkan oleh peserta veteran. Salah satunya, pemberian fasiltas kamar inap selain yang ada di rumah sakit umum daerah (RSUD).

Saat ini, kata Syafrizal, Askes Pekanbaru juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit swasta yang ada di sana.

Beberapa di antaranya, kata dia, yakni RS AwalBros dan RS Ibnu Sinah. Dua rumah sakit swasta ini diakuinya bekerja sama dalam bidang perawatan pasies Askes.

Selain itu, kata dia, ada juga RS Eria Bunda yang bekerja sama dengan Askes untuk bidang persalinan.

"Kerja sama dengan sejumlah rumah sakit ini juga telah kami lakukan sejak lama sehingga para peserta Askes tidak lagi perlu mengkhawatirkan masalah penuhnya kamar di RSUD dan sulitnya mendapatkan pelayanan persalinan," katanya.

Semuanya, kata Syafrizal, saat ini akan jauh lebih mudah dan lebih nyaman bagi peserta Askes seluruh kalangan tidak terkecuali veteran.