Bupati Kepulauan Meranti pamit, ini pesan kepada penggantinya

id Bupati meranti, irwan nasir, kamsol,Meranti

Bupati Kepulauan Meranti pamit, ini pesan kepada penggantinya

Irwan Nasir menyerahkan aset pemerintahan kepada Plh Bupati Kepulauan Mwranti Dr Kamsol. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Di hari terakhir sebagai Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir melakukan serah terima jabatan (sertijab) sekaligus menyerahkan aset pemerintah kepada Sekda DR Kamsol, Rabu (17/2/21).

Terhitung hari ini Sekda Kamsol menjalani wewenang jabatan Bupati Kepulauan Meranti sebagai Pelaksana Harian (Plh). Di sela itu, Bupati Irwan juga menyerahkan semua aset pemerintah yang digunakannya mulai dari kendaraan dinas, rumah dinas, dan lainnya.

Di lokasi, Irwan menyerahkan kunci mobil dinas Toyota Camrykepada Kamsol di halaman kantor Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang.

"Untuk aset mobdin yang ada di Pekanbaru akan kita serahkan esok. Dengan begitu sejak berakhirnya masa jabatan saya sebagai Bupati semua aset sudah dikembalikan kepada Pemda agar dapat dimanfaatkan oleh pejabat selanjutnya," ujarnya.

Ia berpesan kepada Plh Bupati Meranti Kamsol agar dapat mengawal jalannya roda pemerintahan dengan baik sehingga tidak menimbulkan gesekan sampai Bupati definitif dilantik.

Salah satu yang harus dilakukan, menurut Irwan, adalah melakukan proses transisi pemerintahan secara soft dengan tidak mengeluarkan kebijakan yang dianggap tidak menimbulkan gejolak di pemerintahan.

"Plh Bupati sedapat mungkin tidak membuat sistem yang baru dan mampu mensinkronkan program Bupati lama dengan program yang sedang berjalan," terang Irwan.

Baca juga: Mengundurkan diri sebagai Direktur RSUD Meranti, ini alasan dokter Ria

Menyikapi itu, Plh Bupati Kepulauan Meranti Kamsol mengaku akan mengawal roda pemerintahan ini dengan baik. Iapun berjanji akan berupaya menyelesaikan program-program Bupati sebelumnya yang belum tuntas.

"Yang paling penting menyiapkan transisi pemerintahan dengan baik agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari dan seluruh ASN dapat menjalankan tupoksi dengan nyaman," ungkapnya.

Demi terwujudnya tugas sebagai Plh Bupati, ia berharap kerjasama yang solid dari legislatif serta seluruh OPD dalam mensukseskan berbagai program yang sedang berjalan.

Meski demikian, tak terlepas juga dukungan penuh dari masyarakat serta rekan-rekan media dalam mengawal dan memberikan masukan terkait berjalannya roda pemerintahan secara masif.

Baca juga: Hari terakhir jabatan, Bupati Meranti beri kado jalan beton untuk Rangsang

"Kita juga berharap kerjasama dari masyarakat dan rekan media dalam memberikan masukan positif kepada Pemda," harap mantan Kadis Pendidikan Provinsi Riau itu.

Penunjukan PlhBupati mengacu pada surat penunjukan Gubernur Riau seiring dengan berakhirnya masa jabatan periode kedua Bupati Kepulauan MerantiIrwanNasir.

Kamsol akan menjabat sebagai Plh Bupati Kepulauan Meranti sampai ditetapkannya Bupati pemenang Pilkada Meranti dilantik secara definitif.