Puluhan mobdin Pemkab Meranti akan dilelang secara online

id Mobdin,Lelang mobdin, pemkab meranti

Puluhan mobdin Pemkab Meranti akan dilelang secara online

Sejumlah mobil dinas di lingkup Pemkab Meranti. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Puluhan mobil dinas (mobdin) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau, akan segera dilelang terbuka secara online.

"Jumlah mobdin yang akan dilelang itu ada 31 unit," ujar Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKPKAD) Kabupaten Kepulauan Meranti Surya Iskandardi Selatpanjang, Selasa (26/1).

Ia menjelaskan jumlah tersebut belumlahfinis, mengingat masih ada 39 unit mobil usulan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), sehingga kendaraan yang akan dilelang berpotensi bertambah.

"Jadi yang disetujui oleh kepala daerah untuk dilelang ada 31 unit dari 39 unit yang diusulkan oleh OPD. Untuk itu bisa saja bertambah," ujarnya.

Dijelaskan dia, lelang kendaraan roda empat itu merupakan amanat Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Saat ini mereka sedang melakukan koordinasi dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk memproses pelelangan. Selain itu mereka juga menunggu tahap penilaian harga wajar setiap unitnya dari pihak Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

"Lelang nantinya dilakukan secara terbuka, atau tidak khusus seperti sebelumnya. Tanggal dimulainya lelang hingga harga masih menunggu," ungkapnya.

Dirincikan Surya, beberapa merek kendaraan yang akan dilelang antara lain Toyota Hilux, Innova, Fortuner, Mitsubishi, Nissan Grand Livina, hingga X-Trail. Perolehan seluruh kendaraan tersebut dari tahun 2010 hingga 2012.

"Merek Grand Livina yang dominan diusulkan. Karena jenis mobdin itu yang pernah digunakan anggota DPRD sebelumnya yang saat ini dikelola oleh Bagian Umum Setdakab Meranti," tutur Surya.

Baca juga: Pemkab tarik Mobdin untuk pendataan

Baca juga: Pemkab Inhil Diminta Perhatikan Mobdin Yang Sudah Dikembalikan