Kepulauan Meranti akan menyusul tiga kabupaten yang sudah belajar tatap muka di Riau

id Sekolah tatap muka, tatap muka, disdik riau

Kepulauan Meranti akan menyusul tiga kabupaten yang sudah belajar tatap muka di Riau

Kepala dinas pendidikan provinsi Riau, Zul Ikram.(ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengungkapkan Kabupaten Kepulauan Meranti akan menyusul tiga kabupaten di Riau yang sudah mulai melaksanakan belajar tatap muka terbatas di sekolah yakni Kampar, Siak dan Kuantan Singingi.

"Sedangkan untuk kabupaten Kepulauan Meranti dari laporan yang kami terima mereka masih dalam tahap persiapan," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram di Pekanbaru, Rabu.

Zul menjelaskan, bagi sekolah yang melaksanakan belajar tatap muka terbatas di sekolah, wajib mematuhi protokol kesehatan. Sebelum pelajar masuk ke areal sekolah diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu.

Setelah itu dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun. Pelajar yang masuk ke areal sekolah diwajibkan menggunakan masker.

"Siswa yang masuk ke dalam kelas jumlahnya hanya boleh 50 persen dari total jumlah peserta didik yang ada dalam kelas. Duduknya juga berjarak, sesuai aturan protokol kesehatan, jadi siswa yang masuk itu dibagi menjadi dua shift," ujar Zul.

Rekomendasi belajar tatap muka terbatas mesti sesuai dengan aturan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri. Selain mengacu SKB menteri, rekomendasi dari Gugus Tugas juga mesti dijalankan sesuai aturan.

Seperti jam belajar, jumlah siswa yang boleh hadir, hingga jumlah siswa yang diperbolehkan masuk dalam satu hari.

"Meski keputusan belajar tatap muka terbatas ditentukan masing-masing kepala daerah, wilayah dengan zona merah tidak akan memperoleh rekomendasi dari gugus tugas COVID-19," ungkapnya.

Baca juga: Pekanbaru akan sanksi sekolah yang berani buka tatap muka

Baca juga: Disdik Riau siap laksanakan belajar tatap muka SMA/SMK Januari mendatang