Pria di video hoaks Menag Yaqut diusir dari Riau angkat bicara, begini penjelasannya

id Menteri Agama Yaqut,video hoaks,GP Anshor Riau,Menag di Riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Pria di video hoaks Menag Yaqut diusir dari Riau angkat bicara, begini penjelasannya

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (tengah) bersama Ketua GP Ansor Riau Purwaji (kanan) bertemu di Kantor Kementerian Agama, Kamis (7/11/2020), setelah viral video hoaks tentang Menag Yaqut diusir dari Provinsi Riau. (ANTARA/HO-Purwaji)

Pekanbaru (ANTARA) - Sosok pria di video hoaks terkait Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, diusir saat kunjungan ke Provinsi Riau mengungkapkan bahwa unggahan visual yang viral di media sosial Facebook tersebut adalah sebuah kebohongan.

Lelaki di video tersebut adalah Purwaji, Ketua GP Ansor Riau, yang kepada ANTARA di Pekanbaru, Jumat, mengatakan cuplikasi video tersebut adalah kejadian lama yang dikemas ulang dengan narasi berbeda dari fakta sesungguhnya.

"Di video itu saya, bukan Menteri Agama Gus Yaqut. Itu kejadian mengenai Kirab Satu Negeri tahun 2018. Ketika saya klarifikasi ke Lembaga Adat Melayu Riau karena isu beredar di media sosial tentang penolakan soal banyak hal kegiatan GP Ansor, salah satunya soal Islam Nusantara," kata Purwaji.

Menurut Purwaji pada saat itu memang ada sekelompok orang yang berdemo di luar gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau dan memaki-maki dirinya, sedangkan di dalam semua datuk (pemuka adat) LAM Riau menerima penjelasan GP Ansor Riau dengan baik.

Ia juga mengaku heran video itu muncul lagi dengan kemasan berbeda dengan narasi seolah-olah Yaqut Cholil Qoumas diusur dari Riau setelah jadi Menteri Agama (Menag). Dan kebetulan perawakan Purwaji dengan Menag Yakut terlihat mirip dengan brewok dan kumis di wajah mereka.

"Memang ada yang bilang di Facebook, kita seperti kembar, ini mirip. Padahal mirip 'nggak lah ya, tapi banyak orang yang memang bilang begitu," kata Purwaji yang mengatakan sudah membuat bantahan di akun Facebook pribadinya untuk mengklarifikasi video hoaks itu.

Ia mengatakan pada Kamis (7/1) malam sudah bertemu dengan Menag Yaqut di kantor Kementerian Agama, dan salah satu isi pembicaraan membahas video hoaks itu. Dalam pertemuan itu ia mengetahui bahwa video hoaks tersebut sampai membuat banyak orang-orang dekat Gus Yaqut marah.

Namun, ia mengatakan Menag Yaqut terlihat menanggapi video itu dengan santai saja.

"Beliau ketawa saja, kita guyon saja, gak terlalu tanggapi serius soal gitu-gitu. Tidak ada arahan untuk membawa ke jalur hukum," kata Purwaji.

Baca juga: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas imbau umat Kristiani rayakan Natal dengan kesederhanaan

Baca juga: Menteri Agama Yaqut Cholil tidak ingin ada diskriminasi di Kemenag