Dua gol Ronaldo bantu Juve menang 4-1 atas Udinese

id liga italia,juventus,udinese

Dua gol Ronaldo bantu Juve menang 4-1 atas Udinese

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (tengah) melepaskan tembakan pada pertandingan Liga Italia melawan Udinese yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Minggu (3/1/2021). (ANTARA/AFP/MARCO BERTORELLO)

Jakarta (ANTARA) - Cristiano Ronaldo mencetak dua gol untuk membantu Juventus meraih kemenangan 4-1 atas Udinese pada pertandingan pertama di tahun baru, yang dimainkan pada Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu mendongkrak Juve naik satu strip ke posisi kelima dengan koleksi 27 poin, sedangkan Udinese takluk untuk kedua kalinya secara beruntun dan tertahan di posisi ke-13 dengan 15 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Ronaldo sudah menebar ancaman sejak fase awal pertandingan. Ia melepaskan sepakan melebar, dan Aaron Ramsey gagal memaksimalkan peluang dengan sempurna.

Beberapa saat kemudian Rodrigo De Paul berlari kencang untuk menghindari Leonardo Bonucci, ia bekerja sama dengan Kevin Lasagna untuk melepaskan tembakan yang masuk ke gawang tuan rumah. Namun gol itu tidak disahkan karena De Paul kedapatan mengenai bola dengan tangannya pada awal serangan.

Juventus membuka keunggulan pada menit ke-31. Ramsey mampu bergerak cepat merebut bola dari De Paul saat situasi lemparan ke dalam, dan ia mengirimkan bola kepada Ronaldo, yang berlari menuju kotak penalti Udinese dan menaklukkan kiper Juan Musso. Keunggulan itu bertahan sampai turun minum.

Federico Chiesa menggandakan keunggulan Juve pada menit ke-49. Ia berlari mengejar umpan terobosan Ronaldo, dan setelah melakukan satu sentuhan Chiesa menaklukkan Jens Stryger-Larsen dan memasukkan bola dari sudut sempit.

Ramsey sempat mengemas gol untuk Juventus pada menit ke-52, ketika tembakan pertamanya dapat digagalkan Musso dan ia langsung menyambar bola pantul. Namun gol itu tidak disahkan karena tinjauan VAR menilai ia melakukan pelanggaran.

Ronaldo mengemas gol keduanya pada menit ke-70. Diawali kesalahan Samir yang kehilangan bola di lini tengah, dan Rodrigo Bentancur mengirim bola untuk diselesaikan megabintang Portugal tersebut.

Udinese memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-90 melalui Marvin Zeegelaar. Diawali umpan silang mendatar Molina dari sisi kanan, kiper Szczesny gagal menangkap bola dengan sempurna, sehingga bola dapat diteruskan Zeegelaar.

Namun Juve masih sempat mengukir gol keempatnya melalui Paulo Dybala pada menit ke-93. Danilo dengan cerdik mengirim umpan terobosan di antara para pemain bertahan Udinese, dan Dybala dengan tenang menaklukkan Musso yang bergerak menutup ruang. Itu merupakan gol perdana Dybala di Liga Italia di kandang sendiri dalam kurun waktu enam bulan.

Pada putaran berikutnya, Juve akan dijamu pemuncak klasemen Milan pada Kamis (7/1) sedangkan Udinese akan dijamu Bologna sehari sebelumnya.

Baca juga: AC Milan ambil lagi posisi yang sempat dihuni Inter

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny, Danilo, Leonardo Bonucci (Giorgio Chiellini 83'), Matthijs de Ligt, Alex Sandro (Gianluca Frabotta 83'), Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 74'), Weston McKennie (Arthur 65'), Rodrigo Bentancur, Aaron Ramsey (Dejan Kulusevski 74'), Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo

Pelatih: Andrea Pirlo

Udinese (3-5-2): Juan Musso, Sebastien De Maio (Nahuel Molina 65'), Kevin Bonifazi, Samir, Jens Stryger Larsen, Rodrigo De Paul, Walace (Jean-Victor Makengo 81'), Roberto Pereyra (Rolando Mandragora 74'), Marvin Zeegelaar, Kevin Lasagna (Ilija Nestorovski 74'), Ignacio Pussetto (Fernando Forestieri 46')

Pelatih: Luca Gotti