Pekanbaru Dibayangi Ledakan Penganggur

id pekanbaru dibayangi, ledakan penganggur

Pekanbaru Dibayangi Ledakan Penganggur

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mengatakan, jumlah pencari kerja dan pengangguran yang terus bertambah menjadi ancaman yang membayangi perkembangan Kota Pekanbaru, Riau.

"Pertumbuhan penduduk di Pekanbaru sangat tinggi, tidak bisa dipungkiri hal itu menambah jumlah pencari kerja akibat banyak saudara-saudara kita dari daerah lain mencari peruntungan di daerah ini," kata Wali Kota Firdaus MT ketika membuka bursa tenaga kerja "Pekanbaru Job Expo" (PJE) di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Pekanbaru yang cukup pesat menjadi daya tarik bagi pencari kerja dari daerah lain. Hal itu diakuinya menjadi salah satu penyebab bertambahnya jumlah pengangguran.

"Data tahun 2011 menunjukkan angka pengangguran di Pekanbaru mencapai 39.973 orang atau setara 10,55 persen dari jumlah penduduk. Pemerintah mengusahakan jumlah itu tidak bertambah, tapi karena banyak pendatang bertambahnya pengangguran tidak bisa dihindari," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah daerah terus berupaya untuk menekan angka pengangguran dari pembukaan lapangan kerja. Meski demikian, masalah tersebut juga memerlukan bantuan dari sektor swasta untuk menyerap tenaga kerja.

Karena itu, ia menilai penyelenggaraan bursa tenaga kerja PJE 2012 sangat bermanfaat dalam menjembatani pencari kerja dengan pihak perusahaan.

"Acara tenaga kerja ini bagus karena memberi kesempata langsung kepada pencari kerja, dan bagi perusahaan hal ini sangat diharapkan karena selama ini pengumuman lowongan kerja dinilai masih sangat tertutup untuk publik," katanya.

Selain itu, pemerintah daerah juga terus melakukan perbaikan dalam sektor pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang bisa diserap sektor bisnis. Sebab, dari lima kali penyelenggaraan PJE sejak tahun 2007, hanya sebanyak 5.687 tenaga kerja yang terserap.

Dengan kata lain, hanya sekitar 55,28 persen dari lowongan kerja yang tersedia pada PJE bisa terpenuhi dari puluhan ribu pencari kerja yang ada.

"Kita juga harus terus melakukan evaluasi, terutama untuk mengantisipasi kenapa banyak pencari kerja tidak memenuhi syarat sehingga penyerapan tenaga kerja masih cenderung rendah," katanya.

Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar bursa tenaga kerja PJE 2012 yang diselenggaran mulai tanggal 16-19 April. Ada sebanyak 68 perusahaan yang ikut ambil bagian dalam PJE 2012, yang menyediakan sebanyak 10.098 lowongan kerja.