Pekanbaru defisit seribu PNS

id pekanbaru defisit seribu pns

Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru dikabarkan akan mengalami defisit Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak seribuan orang pada tahun 2012 ini mengingat banyaknya pegawai pemerintah itu yang akan memasuki masa pensiun.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Riau, Kamis, mendata ada sebanyak 200 PNS yang bertugas di sejumlah instansi di sana pada tahun ini akan memasuki masa pensiun.

"Tahun ini diperkirakan itu ada sekitar 200 PNS yang memasuki masa pensiun. Mereka yang bekerja di sejumlah instansi atau lembaga pemerintah daerah," kata Kepala BKD Pekanbaru, Hermanius.

Hermanius di Pekanbaru mengatakan, akibat banyaknya PNS yang memasuki masa pensiun, dikhawatirkan akan berdampak pada menurunnya pelayanan terhadap masyarakat di Kota Pekanbaru.

"Terlebih di tahun sebelumnya (2011), juga ada sebanyak 203 PNS yang pensiun sehingga berpeluang terjadinya kelonggaran pada bidang-bidang tertentu di masing-masing satuan kerja," katanya.

Dia menjelaskan, di tahun 2010, Pemerintah Kota Pekanbaru sebenarnya telah kekurangan PNS sebanyak 825 orang.

Dengan adanya PNS yang pensiun, yakni sebanyak 203 di tahun 2011 dan ditambah lagi di tahun 2012 ini ada sebanyak 200-an PNS, kata Hermanius, maka defisit atau kekurangan PNS di lingkup Pemkot Pekanbaru mencapai seribuan orang.

Data BKD Pekanbaru menyebutkan bahwa saat ini jumlah total PNS yang bertugas di lingkup Pemkot Pekanbaru ada sekitar 9,543 orang.

"Jumlah in jauh menurun dibandingkan beberapa tahun sebelumnya (2010) dimana jumlah PNS yang bertugas di sejumlah satuan kerja mencapai lebih dari 10.000 orang," katanya.

Kondisi ini, demikian Hermanius, menimbulkan kekhawatiran tidak optimalnya kinerja sejumlah satuan kerja atau dinas dan badan dalam melayani tugas-tugas kemasyarakatan.

"Untuk itu, kami mengharapkan tahun ini, jatah penerimaan PNS di lingkup Pemkot Pekanbaru dapat diimbangi dengan kebutuhan," katanya.