PCR wisuda 391 mahasiswa secara virtual 10 persen diantaranya telah bekerja

id Wisuda,Pcr, cpt

PCR wisuda 391 mahasiswa secara virtual 10 persen diantaranya telah bekerja

Politeknik Caltex Riau kukuhkan atau wisuda  391 mahasiswanya secara virtual pada acara wisuda ke XVII di Pekanbaru,  Sabtu, (21/11). (ANTARA/HO-PCR)

Pekanbaru (ANTARA) - Politeknik Caltex Riau mewisuda 391 mahasiswanya secara virtual pada acara wisuda ke XVII Sabtu, 21 November 2020.

"Saya dengan bangga menyampaikan, lebih kurang lebih 10 persen dari total wisudawan telah mendapatkan pekerjaan sebelum mereka di wisuda hari ini," kata Direktur PCR, Dr. Mohammad Yanuar Hariyawandi Pekanbaru, Sabtu.

Dari lulusan tersebut, ada sebanyak 160 orang dari jenjang Ahli Madya (D3), dan 231 lulusan dari jenjang Sarjana Terapan (D4).

"Hingga saat ini PCR sudah meluluskan 4.181 alumni," katanya.

Kata dia, wisuda tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena dilakukan di masa pandemi. Untuk dapat menyelesaikan studi, calon wisudawan dituntut dengan segala keterbatasan, pembatasan akses ke fasilitas kampus menuntut untuk beradaptasi dengan cepat.

"Ada yang spesial pada wisuda kita tahun ini, terdapat tujuh belas orang lulusan perdana dari Program Sarjana Terapan Teknik Mesin dan lima belas orang dari Prodi Sarjana Terapan Teknik Listrik,” ujarnya

Tantangan seperti saat inilah kepemimpinan dan karakter ditempa, karena setiap krisis akan muncul generasi baru pemimpin dan wirausahawan, dan cara baru dalam melakukan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya saat kondisi normal.

"Sebagai seorang wisudawan, kalian harus yakin bahwa bakat dapat dikembangkan melalui kerja keras, jangan lupa juga untuk melatih kemampuan komunikasi, problem solving, critical thinking, kemampuan literasi dan numerasi, bekerja dalam tim," katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Politeknik Chevron Riau (YPCR) Drs. Azhar, M.M berpesan kepada para wisudawan untuk dapat mempertahankan kompetensi yang diperoleh selama kuliah di PCR.

Persaingan di dunia kerja saat ini cukup tinggi baik tingkat regional maupun nasional. Lulusan PCR selalu diminati dan diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional.

"Kami minta kepada wisudawan/wisudawati untuk menjadi duta PCR yang baik, berani P.A.S.T.I. (Profesional, Aplikatif, Siap kerja, Tepat waktu, Inovatif) dan senantiasa menjaga nama baik almamater," tutupnya.

Data PCR mencatat tingkat lulusan tepat waktu pada wisuda tahun ini adalah sebesar 82%. Jumlah ini melampaui target yang dicanangkan pada tahun ini sebesar 80%. Sedangkan Indek Prestasi Komulatif (IPK) para wisudawan tahun ini rata-rata adalah 3.2 dengan rincian IPK rata-rata Program Ahli Madya sebesar 3.16, sementara IPK rata-rata yang diraih oleh lulusan Program Sarjana Terapan adalah 3.27.

Wisudawan terbaik tahun ini dianugerahkan kepada Oktofiandi Robika dari Program Studi D3 Teknik Elektronika dengan IPK sebesar 3.92.

Baca juga: Mahasiswa PCR ciptakan robot bawah air

Baca juga: Terapkan protokol kesehatan, PCR lakukan seleksi Beasiswa Bidikmisi Pemprov Riau


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar