53 kafilah Riau lolos registrasi MTQ Nasional di Sumbar

id Kemenag Riau

53 kafilah Riau lolos registrasi MTQ Nasional di Sumbar

Gubernur Riau Syamsuar (kanan) melepas kafilah Riau untuk mengikuti MTQ Nasional ke-XXVIII di Sumatera Barat, Rabu(11/11/2020). ANTARA/HO-Diskominfotik Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 53 anggota kafilah Riau yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 di Padang, Sumatera Barat, telah selesai melakukan registrasi faktual dan dinyatakan lolos registrasi.

"Proses pelaksanaan registrasi peserta berjalan lancar, masing- masing peserta didampingi satu orang pendamping melakukan registrasi langsung memperlihatkan wajah dan berkas dokumen asli peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19," kata koordinator Kafilah Riau H Sofwan Muhajir dalam keteranganya dari Padang, Jumat.

Seluruh peserta sudah melakukan registrasi dan berjalan lancar untuk semua cabang lomba yang diikuti yaitu seni baca alqur'an, qiraat alquran, hafalan alquran, tafsir alquran, fahmil, syarhil, kaligrafi dan karya tulis ilmiah alquran putra dan putri.

Ia menyebutkan, pada Kamis 12 November 2020 merupakan hari pertama registrasi MTQ Nasional ke 28 di Sumbar. Sesuai jadwal, hari pertama registrasi dilakukan oleh 4 provinsi yakni, Sumbar, Sulsel, Sulbar dan Riau.

Sementara itu Koordinator Tim IT, Efrian mengatakan, persiapan untuk menyambut kedatangan dan pendaftaran Kafilah cukup maksimal dan sudah dilakukan tiga kali pelatihan operator untuk registrasi yang juga bertugas sebagai tim IT Penilaian (e-musabaqoh).

Tim IT ini, katanya, berjumlah 30 orang yang berasal dari Kemenkom Info dan Kementerian Agama Sumatera Barat. Tim IT akan melayani pendaftaran peserta dan akan bertugas menampilkan informasi peserta di layar proyektor, memastikan keabsahan peserta saat lomba dengan perangkat finger print.

"Mudah-mudahan semua bisa terlaksana sesuai jadwal yg sudah ditetapkan panitia," katanya.