Pemkab Siak akan berikan beasiswa bagi penghafal Alquran dari pondok tahfidz

id Pondok pesantren siak, bupati siak, hafal quran

Pemkab Siak akan berikan beasiswa bagi penghafal Alquran dari pondok tahfidz

Bupati Siak Alfedri ketika melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Tahfiz di Kecamatan Dayun. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri melakukanpeletakan batu pertama pembangunan Pondok Tahfidz Quran Al Qudsy di Kampong Dayun, Kecamatan Dayun dan akan memberikan program beasiswa perguruan tinggi bagi para hafidz dan hafidzah.

"Kami akan evaluasi kembali program beasiswa unggulan daerah yang dibatasi sebanyak 50 orang per tahun, ke depan akan ditambah menjadi 100 lebih tapi untuk anak yang kurang mampu," kata bupati pada acaraSabtu (5/9).

Dia akan mengevaluasi program beasiswa unggulan daerah di sejumlah perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa. Ke depan akan dibuat program beasiswa unggulan daerah bagi anak-anak yang kurang mampu.

Menurutnya, faedahnya besar bagi orangtua yang mengajak dan mengajarkan anaknya untuk menghafal dan mempelajari Al Quran. Allah SWT sudah menjanjikan surga bagi orang tua anak tersebut.

"Kalau anak-anak kita ini hafal Quran, kelak merekalah yang akan memakaikan mahkota dan jubah untuk orang tuanya di surga," ujarnya.

Ia menyampaikan, gairah umat untuk menyekolahkan anak-anaknya di pondok-pondok pesantren meningkat Termasuk di pesantren tahfidz yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Siak.

“Saat ini sudah ada 37 pesantren di Kabupaten Siak, dan kebanyakan dari pesantren tersebut tak cukup ruang kelas maupun asrama. Artinya masyarakat semakin banyak untuk menyekolahkan putra-putrinya di pesantren," ungkapnya.

Bupati berharap semakin banyak anak-anak generasi penerus yang semakin mencintai Al Quran. Sehingga di masa yang akan datang, Siak ini dipimpin oleh seorang bupati yang hafal Quran.

Sebelumnya dilaporkan, pondok tahfidz ini diprakarsai oleh ustadz Muhammad Yunus, jumlah santrinya masih dua orang dan menumpang di masjid komplek BOB. Seiring berjalannya waktu pondok tahfidz ini pindah ke masjid Al Irsyad di Kampung Dayun dengan jumlah santrinya sebanyak 30 orang.

Dengan modal awal sebanyak 60 juta rupiah para pengurus berniat membangun sebuah gedung dua lantai untuk para santri. Sejauh ini para santri tidak dipungut biaya dan sudah ada yang hafal 16 juz serta ikut program beasiswa dari BaznasKabupaten Siak.