Tes usap COVID-19 di Siak sudah melebihi target 3.500 per satu juta penduduk

id siak, riau

Tes usap COVID-19 di Siak sudah melebihi target 3.500 per satu juta penduduk

Sekda Siak Jamaluddin.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak sudah melakukan tes usap (swab) melebihi jumlah yang ditargetkan. Berdasarkan arahan presiden rasio dalam satu juta pendudukharus 3.500 orang dilakukan tes.

Siak penduduknya sekitar 425 ribu jiwa, maka harus dilakukan sebanyak 1.780 orang. Siak saatini yang sudah sudah dites sebanyak 1.834 orang.

"Tapi tetap kita akan lakukan tes swab karena target untuk Riau setiap harinya sebanyak 1000. Jadi kalau dibagi 12 kabupaten/kota maka itu akan 90 orang per hari," kata Pejebat Sekretaris Daerah Pemkab Siak, Jamaluddin.

Lebih lanjut dikatakannya selain yang dites adalah pasien dalam pengawasan dan orang dalam pemantauan, sejumlah instansi pemerintah juga akan disasar. Untuk di lingkungan Pemkab Siak itu fokus pada yang sudah ada transmisi lokalnya.

Diantaranya seperti pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Keuangan Daerah yang punya pegawai positif COVID-19. Selain itu juga tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian Siak yang juga sudah terpapar.

"Lain termasuk yang di Kepolisian Resor Siak yang 100 itu juga sudah masuk hitungan tes swab," ungkap Jamal.

Di samping itu pihaknya juga menindaklanjuti arahan Gubernur Riau, Syamsuar. Hal ini terkait untuk melakukan tes usap kepada para pemuka agama dan penceramah.

Untuk di Siak pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama setempat. "Sudah kita dapat angkanya 81 termasuk pegawai kemenag yang akan dites," imbuhnya.