COVID-19 Dumai, Tambah empat positif dan satu sembuh

id COVID-19 Dumai, Gugas COVID-19 Dumai,corona dumai, kota dumai, covid dumai, dumai

COVID-19 Dumai, Tambah empat positif dan satu sembuh

Seorang petugas medis bersiap menggunakan alat pelindung diri untuk memeriksa pasien yang baru masuk ruang isolasi instalasi paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai di Dumai. ANTARA/Aswaddy Hamid/ama.

Dumai (ANTARA) - Kabar terbaru perkembangan kasus COVID-19 di Kota Dumaitelah terjadi penambahan empat orang terkonfirmasi positif, dan pasien 28 inisial HP (36) dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian dan Penanganan COVID-19 Dumai dr Syaiful, Selasa, mengatakan pasien 28 HP (36 tahun) dinyatakan sembuh setelah dua kali melakukan tes usapdan hasilnya negatif.

Namun, diinformasikan juga terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak empat orang yaitu, Pasien 29 SF (12 ) berada di Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan.

"Pasien 29 ini diawali dengan rapid testreaktif, kemudian dilakukan swab PCRtest, dan ternyata positif, dan kini masih dilakukan penelusuran untuk mendapatkan data risiko penularan," kata Syaiful.

Kemudian, Pasien 30 inisial SB (51) berada di Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan, merupakan ayah dari Pasien 29.

Pasien 31 berinisial MS (54) berada di Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan, merupakan hasil penelusuran Pasien 28, dan selanjutnya dilakukan penelusuran lanjutan.

Sedangkan Pasien 32, MJA (35) berdomisili di Kelurahan STDI Kecamatan Dumai Barat, juga merupakan hasil penelusuran Pasien 28 positif, selanjutnya akan dilakukan penelusuran kembali.

"Sehingga total akumulasi saat ini 32 kasus positif dengan rincian 28 orang sembuh dan empat orang dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Kota Dumai," sebut Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai ini.

Akibat penambahan kasus positif, maka seluruh masyarakat untuk konsisten, dimana saja, termasuk di area perkantoran dan area ruang publik tertutup untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Jika seluruh masyarakat Kota Dumai patuh menjalankan tiga kunci disiplin, maka Tim Gugas COVID-19 yakin bahwa pandemi virus ini akan segera berakhir, sebab tanpa partisipasi aktif warga, maka pencegahan dan pengendalian virus corona ini akan sia-sia.

"Selain itu mari kita beri dukungan terhadap pasien terkonfirmasi positif, pasien dalam pengawasan dan orang dalam pemantauan serta tenaga medis," demikian Syaiful.

Baca juga: Gugas COVID-19 Dumai sidak protokol kesehatan perusahaan