Seorang Tim Gugus Tugas Dumai positif COVID-19

id COVID-19 Dumai, Gugas COVID-19 Dumai,Corona dunai, kota dumai

Seorang Tim Gugus Tugas Dumai positif COVID-19

Seorang narapidana membaca pengumuman tentang pembebasan bersyarat dalam rangka pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Dumai. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di Kota Dumai kembali bertambah satu orang. Kali korbannya adalah seorang aparatur sipil negara dan bagian Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Dumai.

Juru Bicara Gugas Penanganan COVID-19 Kota Dumai dr Syaifuldi Dumai, Kamis, mengatakan, tambahan satu kasus baru atau Pasien 28 ini hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) saat kegiatan pelatihan pengambilan swab bagi tenaga kesehatan Dumai dilaksanakan Dinas Kesehatan pada Senin (13/7) lalu.

"Hasil sampel dikirim ke laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, dan hari ini kita menerima hasil yang menyatakan satu orang dinyatakan positif," kata Syaiful kepada pers.

Dijelaskan, pengambilan sampel dilakukan terhadap puluhan tenaga kesehatan, dan dari jumlah itu, hanya 1 orang dinyatakan positif, yaitu inisial HF, merupakan warga Kota Dumai, sedangkan sisanya negatif.

Pasien ke 28 ini bisa dikatakan pasien orang tanpa gejala (OTG), dan hingga saat ini tim gugus tugas sudah melakukanberbagai upaya untuk pencegahan dan deteksi dini.

"Dengan penambahan satu kasus ini, akumulasi pasien positif COVID- 19 di Kota Dumai berjumlah 28 orang, dengan 27 sudah sembuh dan 1 masih dalam perawatan dan isolasi," sebutnya.

Terhadap 1 orang tambahan ini, Gugas COVID-19 Dumai sudah melakukan tracking dan pengambilan swab kepada keluarga dan orang orang terdekatnya, dan yang pernah kontak akan dilakukan tes PCR pada Jumat (17/7).

Kepada masyarakat Kota Dumai, Syaiful meminta untuk disiplin memakai masker,disiplin jaga jarak lebih dari satu meter, cuci tangan pakai air mengalir dan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.

"Kami juga meminta kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah untuk urusan yang tidak tidak wajib, bila terpaksa keluar rumah, pastikan menggunakan masker dan jaga jarak," sebutnya.

Data perkembangan COVID-19 Dumai hingga Kamis (16/7), 347 dalam pemantauan, satu pasien dalam pengawasan dirawat dan satu terkonfirmasi positif dirawat, dan 27 sudah sembuh.

Baca juga: Belum terbukti transmisi lokal, Gugas COVID-19 Dumai batal tutup pasar

Baca juga: Dumai ketambahan lagi tiga pasien positif COVID-19