Tambah lagi, dua pasien positif COVID-19 di Pekanbaru sembuh

id Pemkot Pekanbaru,dua pasien,sembuh,riwayat perjalanan,palembang,sumsel,corona,covid-19

Tambah lagi, dua pasien positif COVID-19 di Pekanbaru sembuh

Sejumlah warga mengenakan masker saat berbelanja di Pasar Sago saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (19/4/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru menyatakan sebanyak dua pasien positif COVID-19 di kota itu, yang terkategori mempunyai riwayat perjalanan dari Palembang, Sumatera Selatan, dinyatakan sembuh

"Namun demikian kewaspadaan setiap orang perlu terus ditingkatkan, terutama tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim GTPPCOVID-19 Kota Pekanbaru, dr. Mulyadidi Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, masyarakat perlu terus menerapkan protokol kesehatan dan disiplin menerapkannya seperti rajin cuci tangan dengan air mengalir, hindari keramaian, gunakan masker, makan makanan yang bergizi dan sehat, serta olahraga rutin.

Terkait pentingnya menggunakan masker, katanya, selain mencuci tangan, memakai masker merupakan salah satu bentuk pencegahan tertularnya virus corona dari orang lain.

Baca juga: Lab biomolekuler Riau telah periksa 10.000 spesimen COVID-19, begini penjelasannya

Apalagi, kata dia, penggunaan masker memang dapat mengurangi penularan virus secara signifikan, karena selain melindungi diri sendiri juga orang lain, dan hal itu sudah ada studinya.

Selain itu,kata Mulyadi, PemkotPekanbaru melalui tim GTPPCOVID-19 kembali merencanakan tes swab massal, sebagai langkah cepat dalam memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengatakan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Diskes Provinsi Riau terkait rencana tes usap massal untuk ketersediaan alatnya.

Sedangkan rencana tes usap massal akan dilakukan di Pasar Rumbai, khususnya mereka yang mengikuti tes usap itu merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang tercatat di tim gugus tugas COVID-19 Pekanbaru.

Selain itu, tes juga dapat diikuti oleh pengunjung pasar dan pedagang pasar tersebut, yang dilakukan secara gratis kepada masyarakat.

Baca juga: Iuran naik, 78 peserta BPJS Kesehatan Pekanbaru turun kelas

Baca juga: Biadab, pemuda Pekanbaru cabuli balita saat orangtua ibadah kebaktian