DKP Bengkalis teken MoU dengan Bulog

id Pemkab Bengkalis,bulog, bengkalis

DKP Bengkalis teken MoU dengan Bulog

Penandatangann MoU antara DKP Bengkalis dengan Bulog yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Mandau. (ANTARA/

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis melakukanMemorandum Of Understanding (MOU) bersama Bulog dan Bumdes Desa Harapan Baru Desa Bathin Betuah Kecamatan Mandau, Selasa (30/6).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Imam Hakim menjelaskan, kerjasama ini dilakukan tertuang dalam amanat UU No 18/2012 tentang pangan, bahwa pemerintah bersama rakyat bertanggung jawab atas terwujudnya ketahanan pangan yang mantap.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis menginisiasi melalui Dinas Ketahanan Pangan untuk membimbing Perbup sebagai payung hukum ditingkat kabupaten agar bisa terjadi kemitraan antara Bumdes dengan Bulog,” kata Imam Hakim

Dikatakan mantan Kepala Bapenda Bengkalis ini, melalui kegiatan kerjasama antara perum BULOG dan Bumdes yang dilaksanakan di kabupaten Bengkalis oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis bertujuan untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga.

"Melalui program ini diharapkan agar masyarakat mendapatkan ketersediaan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas,serta bumdes sebagai mitra BULOG dapat membantu pedagang kecil/eceran di wilayah desa tersebut sehingga bumdes semakin berkembang dan masyarakat pun dapat memperoleh produk-produk bulog dengan harga terjangkau,"ungkap Imam Hakim.

Ditambahkannya, tugas Bumdes melakukan koordinasi dengan pihak Bulog Kabupaten Bengkalis, terhadap ketahanan pangan di wilayahnya masing-masing.

“Kami berharap lembaga ekonomi Bumdes dapat bekerjasama dengan baik bersama Bulog sehingga penyediaan pangan terhadap masyarakat menjadi lancar dan harganya bisa terjangkau oleh masyarakat, terlebih lagi dalam kondisi wabah Covid-19 sekarang ini,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bengkalis terima bantuan 100 ton beras dari Bulog

Baca juga: Bulog Riau dan Kepri sebut stok beras dan gula aman untuk tiga bulan