Harganas ke-27, Siak dapat jatah 1.778 KB baru

id Harganas riau, harganas siak, siak, kb siak, harganas, KB baru, pemkab siak

Harganas ke-27, Siak dapat jatah 1.778 KB baru

Pemkab Siak mengikuti Vidcon peringatan Harganas bersama Gubernur Riau.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak mendapatkan jatah1.778 akseptor Keluarga Berencana baru yangdibagi rata-rata 77 orang untuk tiap kecamatan, kecuali yang banyak jumlah penduduknya seperti Tualang mendapat lebih besar tahun 2020 ini

"Tentu kita harus memprogramkan kegiatan peserta KB yang sudah ditargetkan oleh pusat yang tahun ini satu juta peserta KB baru," kataPenjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Jamaludin pada Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-27, Senin.

Terkait pelayanan KB, lanjutnya, akan dilaksanakan oleh petugas di lapangan yang jumlahnya 21 orang. Mereka akan mencari calon akseptor yang akan bekerjasama dengan dinas kesehatan terutama di pusat kesehatan masyarakat pembantu dan puskesmas.

Untuk Kabupaten Siak, menurutnya, minat masyarakatnya untuk KB masih cukup tinggi. Pasalnya sebagian besar memang masyarakat sudah tahu manfaat dari KB itu sendiri adalah suatu gerakan dalam membangun keluarga yang berkualitas.

"Jadi jangan hanya banyak jumlahnya saja tapi tidak berkualitas, karena ke depan kita harus bersaing dengan negara-negara tetangga supaya kita bisa eksis bekerja dan bersaing dengan negara luar. Kalau tidak, ya kita hanya jadi penonton di rumah sendiri, dengan jumlah potensi yang kaya tapi tidak berkualitas itu percuma, itulah yang menjadi tujuan Harganas tahun ini," sebutnya.

Pemerintah Kabupaten Siak memperingati Harganas ke-27 Tingkat Provinsi Riau Tahun 2020 bertemakan 'Satukan Gerak Dalam Membangun Keluarga Berkualitas. Itu dilakukan melalui Video Conference di Ruang Bandar Siak, Lantai II Kantor Bupati Siak, Senin (29/6).

Baca juga: BKKBN Riau target ada 206.364 peserta KB baru

Jamaludin dalam vidcon itu bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3PAP2KB), Darussalim. Hadir juga Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri beserta anggota.

Semuanya mengikuti acara dengan Gubernur Riau, Syamsuar yang didampingi Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Sri Wahyuni. Diikuti juga Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Riau, Kadis DP3PAP2KB Provinsi Riau T Hidayati Effiza, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya, dan Pimpinan OPD Provinsi Riau.

Baca juga: Pemkab Bengkalis siap sukseskan Gerakan Sejuta Akseptor