Arsenal pastikan lolos 16 besar

id arsenal pastikan, lolos 16 besar

Arsenal pastikan lolos 16 besar

London, (ANTARARIAU News) - Arsenal memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions, setelah menang 2-1 atas Borussia Dortmund di Stadion Emirates, Rabu.

Kedua gol kemenangan Arsenal itu dicetak oleh penyerang internasional Belanda, Robin van Persie. Kedua gol yang dicetak pada babak kedua tersebut, menjadikan Van Persie telah mengoleksi 21 gol di semua kompetisi. Sekaligus memastikan Arsenal memuncaki klasemen Grup F dengan satu pertandingan tersisa. Sedangkan satu gol Dortmund dicetak oleh Shinji Kagawa.

Kedua gol tersebut menekankan pentingnya kapten Arsenal tersebut bagi klubnya, yang telah kembali ke jalur juara setelah mengawali musim ini dengan buruk.

Babak pertama berjalan mengecewakan meski kedua tim berupaya mengendalikan permainan. Lini tengah Dortmund berjuang keras menggagalkan Arsenal mendapatkan ritmenya.

Harapan Dortmund untuk membawa pulang kemenangan mendapat cobaan di menit ketiga puluh, meskipun pelatih Jurgen Klopp berusaha menambal pasukannya dengan melakukan dua pergantian pemain karena cedera.

Sven Bender adalah pemain pertama yang keluar, ia kemudian digantikan Moritz Leitner pada menit ke-26, setelah menderita cedera pada wajah akibat bertabrakan dengan Thomas Vermaelen.

Mario Goetze menjadi pemain selanjutnya yang keluar, akibat menderita cedera lutut. Ia kemudian digantikan oleh Ivan Perisic.

Goetze sempat mengancam ketika ia memainkan permainan kombinasi dengan Robert Lewandoswki pada menit pertama. Namun kiper Arsenal, Wojciech Szczesny masih mampu mengamankan gawangnya.

Arsenal baru mendapat peluang di menit ke-12, melalui sundulan Van Persie yang belum membahayakan gawang Roman Weidenfeller.

Theo Walcott menyarangkan bola ke gawang Dortmund pada menit ke-40, setelah menerima umpan dari Aaron Ramsey. Tetapi ia dinyatakan telah berada dalam posisi offside.

Serangan berbahaya Arsenal lainnya terjadi beberapa sat sebelum babak pertama usai. Walcott mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti, yang masih dapat dijinakkan Weidenfeller.

Pertandingan berlangsung lebih menarik pada menit-menit awal babak kedua, umpan mengiris yang membelah pertahanan Arsenal berakhir dengan Szczesny yang mampu menggagalkan usaha Kagawa.

Dortmund harus membayar mahal kegagalan tersebut pada menit ke-49, ketika Van Persie membawa Arsenal unggul.

Van Persie berhutang pada pergerakan Alex Song, gelandang asal Kamerun tersebut menggiring bola melewati tiga pemain bertahan Dortmund, sebelum mengirimkan umpan silang yang dituntaskan dengan sundulan Van Persie melewati kiper Weidenfeller.

Unggul satu gol membuat Arsenal semakin percaya diri. Mereka pun berkesempatan menggandakan keunggulan pada menit ke-60, ketika Gervinho berlari menuju gawang Dortmund setelah menerima sodoran bola dari Ramsey.

Pemain Pantai Gading ini mampu mengecoh Weidenfeller, namun ia melangkah terlalu banyak sehingga Felipe Santana dapat mengamankan gawang timnya.

Empat menit menjelang pertandingan usai, Van Persie memastikan kemenangan timnya. Diawali tendangan sudut Mikel Arteta, yang diteruskan dengan operan Vermaelen, Van Persie pun membukukan gol keduanya.