DPRD: Selamatkan pengrajin rotan Pekanbaru

id dprd selamatkan, pengrajin rotan pekanbaru

DPRD: Selamatkan pengrajin rotan Pekanbaru

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Upaya menyelamatkan puluhan pengrajin rotan di Pinggir Jalan Rumbai, Pekanbaru, Riau, yang terkena dampak pelebaran jalan, perlu dicarikan solusi dengan merelokasi suatu kawasan yang letaknya masih di sekitar Rumbai.

"Solusi yang harus dilakukan adalah dengan membangun kawasan Sentra Kerajinan Rotan, untuk pembangunannya Pemerintah Kota Pekanbaru tentunya berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau, karena ini merupakan salah satu kerajinan yang disiapkan untuk menunjang perjalanan PON XVIII nanti," ujar Nofrizal Anggota DPRD Kota Pekanbaru kepada ANTARA, di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan, bahwa Kota Pekanbaru sangat mengharapkan agar Sentra Industri Rotan Rumbai ini dapat terealisasi, tentu dengan mengharapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau melalui APBD 2012.

Hal itu penting karena dinilai Pemerintah Kota tidak akan bisa, meski demikian Pemko memiliki dua hektare kawasan untuk dibangun Kawasan Sentra Industri Rotan itu.

"Sebanyak 39 orang pengrajin rotan di Jalan Yos Sudarso tersebut harus diselamatkan dan untuk penempatannya harus ditata sebaik mungkin dalam satu kawasan yang tentunya bisa menjadi pemasukan kota dan kerajinan rotan itu pula dapat menjadi ciri khas Riau, apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya dalam mensosialisasikan PON 2012 di Riau," ujar anggota DPRD Kota Pekanbaru tersebut.

Untuk solusi yang harus dilakukan oleh Pemko yakni dengan membangun sentra pengrajin rotan yang nantinya sebagai pusat kerajinan di Kota Pekanbaru.

"Di Rumbai itukan ada lahan seluas dua hektare di pinggir Jalan Yos Sudarso Pekanbaru, jadi ketika para pengrajin rotan yang selama ini mencari nafkah di situ tergusur oleh pembangunan pelebaran jalan harus diselamatkan untuk terus berkembang. Setidaknya pengrajin-pengrajin yang ada itu bisa di tata dan dikumpulkan dalam suatu tempat sehingga tertib," jelasnya lagi.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui Disperindag Kota Pekanbaru sudah ada detail engeneering design (DED) dan rencana kegiatannya dan sudah ada program-program yang akan dilakukan. Dari konsep yang disampaikan tentu untuk merealisasikan kawasan sentra kerajinan rotan.

"Pembangunannya bakal menghabiskan dana sebesar Rp45 miliar, tapi ini nantinya benar-benar menjadi kawasan layak untuk industri rotan. Menjelang PON 2012, kawasan ini tentu dimatangkan dahulu, mulai dari penimbunan dilahan rawa gambut dan di ratakan," kata ketua komisi II dari Partai Partai Amanat Nasional ini.

Tambah Nofrizal lagi, kawasan Sentra Industri Rotan ini bertujuan menjadikan kerajinan ciri khas Pekanbaru, Riau nantinya berupa rotan.

"Kepada pengrajin rotan jika ini dibangun akan langsung dapat tempat dan tidak perlu mencari lokasi baru lagi karena dengan dibangunnya kawasan ini sudah fokus menjadi pusat kerajinan rotan. dan juga berfungsi sebagai tempat pelatihan dan pendidikan kerajinan rotan," ungkap Novrizal.