Puluhan tahun berselimut lumpur dan debu, kini Jalan Libo Jaya Kandis beraspal

id kandis, berita siak, siak

Puluhan tahun berselimut lumpur dan debu, kini Jalan Libo Jaya Kandis beraspal

Foto udara Jalan di Libo Jaya, Kandis yang sudah diaspal.(ANTARA/HO-Dinas PU Tarukim Siak)

Siak (ANTARA) - Jalan Kampung Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, akhirnya kini sudah beraspal setelah puluhan tahun warganya berselimut dengan lumpur dan debu dalam melakukan aktivitas transportasi.

"Warga senang sekali, baru pada tahun 2020 ini jalan di kampung kami ini beraspal. Selama ini, kondisi jalan memang menyedihkan," kata tokoh masyarakat setempat, Ngatmin, Jumat.

Ngatmin yang juga anggota DPRD Siak ini mengaku sudah lama warga di kampung itu mengadu agar Jalan Hinduk Beringin itu diaspal. Akhirnya baru ketika aspirasi itu sampai ke Bupati Siak Alfedri, jalan dikerjakan pada 2020 dan selesai hanya dalam dua bulan.

Maka dari itu,Ngatmin memuji niat baik Alfedri dalam menyelesaikan masalah ini. Selanjutnya aspirasi warga sekitar ingin adanya pembangunan drainase, terutama di dekat mesjid kampung.

"Saat ini jalan sudah bagus, mulus dan warga senang. Dulu sering diusulkan juga tapi belum ada dilaksanakan kegiatan, tapi tahun ini juga jalan sudah tuntas. Yang drainasesudah langsung dicatat Pak Bupati pada kunjungannya kemarin," ungkapnya.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar Arifin mengatakan, masyarakat begitu bersyukur adanya aspal di jalan ini. Bahkan ia mengaku dicegat masyarakat hanya sekadar mengucapkan terimakasih.

"Warga banyak mengucapkan terimakasih karena jalan itu dulu jalan tanah. Kalau musim hujan kondisi jalan berlumpur dan bila kemarau jalan berdebu. Sekarang kondisi itu sudah hilang dan berubah menjadi jalan aspal yang mulus," sebut dia.

Peningkatan Jalan Hinduk Beringin di kampung Libo Jaya, Kandis itu sepanjang 1,055 Kilometer dan lebar enam meter. Pekerjaannya dapat selesai dalam waktu dua bulan yang tercatat sebagai pekerjaan infrastruktur jalan tercepat.

Sedangkan untuk pembangunan drainase yang diminta warga juga segera akan diwujudkan. Kegiatan itu akan dimulai di dekat mesjid di kampung setempat.

Baca juga: Dua sepeda motor curian ditemukan, Polsek Tualang kembalikan ke pemilik

Baca juga: Lawan COVID-19, warga Siak dapat bantuan produk olahan ikan dari KKP